Senin, 21 April 2008

Lagi-lagi, Pengin cepet bisa orgen

Ada yang tidak punya orgen tapi jadi pemain orgen tunggal, ada!, setiap mau main dia disewakan oleh bosnya di tempat sewa. Dia tidak pernah sekolah musik, tapi saya nonton permainannya oke juga terutama dangdut. Ada yang punya orgen sudah lama, tahunan, tapi permainannya ya tetap seperti itu saja, ada. Alasannya sangat umum atau kuno,
- Nggak ada waktu untuk belajar
- Sekolah orgen hanya untuk anak- anak doang
- Kamu sih nggak ngajarin dsb dsb.
Nah, yang tadi, yang tidak punya orgen itu malah jarang mencet orgen, tapi dia 'ngulik' ngotak -katik gitar di rumahnya, memperhatikan permainan orang, memperhatikan pembicaraan orang, bertanya pada orang dan mungkin di bodoh-bodohin sama si yang ditanya. Dia terima lalu dia praktek sekali dua kali tapi tetap bisa bahkan terus mengikuti perkembangan lagu-lagu baru.

Menurut saya , karena orgen ini di back up oleh perangkat canggih yang bisa memudahkan kita memainkannya, maka ia akan lebih mudah dan lebih mendorong semangat kita untuk belajar. Gitar akustic misalnya, jadi sepi kalau kita biasa main orgen, jadi orang yang bisa sedikit saja orgen bisa membuat suasana lebih ramai dan meriah.
Jika kita baru, sama sekali baru memegang alat musik, tanpa pernah pegang yang lainnya baik yang tradisional atau non tradisional, maka memegang orgen akan langsung seperti bisa musik, kenapa ?
Karena ada fungsi 'single finger' dengan satu jari bisa 'ngejreng'- nggak apa apa !, pencet pake telunjuk yang paling pinggir kiri- ya - itu C, mulai deh nyanyai dan seterusnya . .Semakin kesini semakin meningkat jadi dua jari dan tiga jari.
Juga selalu saya tanya, bisa gitar nggak pak ?, soalnya gitar kan alat yang paling 'lumrah' di negri ini. Kok gitu ? , iya kalau bisa gitar, sampai dimana bisanya ?, bisa main tapi dari hafalan lagu? atau sudah bisa main lagu apa saja tanpa tahu/latihan lebih dulu. Jika bisa gitar dengan hafalan lagu maka akan cepat bisa belajar orgen, tapi jika bisa gitar tanpa hafalan lagu ia akan langsung bisa orgen ! seperti orang belajar excel dari lotus, langsung bisa !, orgen lebih gampang dari gitar!. Bagaimana pelajaran dari VCD ?, saat ini baru ada yang dari Amerika, yaa lumayan memperkenalkan dasar musik terutama blues dan country (pop) boleh juga menjadi tambahan referens tetapi jangan harap ada dangdut, padahan dangdut ini unik sekali break nya.
Untuk yang lama bisanya, itu karena bapak-bapak saja yang santai, banyak urusan bisnis dan kantor, orgen kan iseng iseng.
Kalau rajin latihan, rajin lihat orang main orgen, rajin tanya dan coba, pasti cepet bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih