Kamis, 10 Juli 2008

Yamaha PSR 350 masih ada ?- Oh she still alive, PSR 350 !

Summary : Yesterday 3 friends called me that I invited to play keyboard in some meeting for our' Keroncong Group' at Bekasi near Jakarta Indonesia. Arrived to his home I saw the keyboard 'oh 740, ok' but it shocked me that is PRSR 350 wow , the first close encounter . . . .this is the grandgrandgrand mother of PSR S900
My friends ask me to play directly, don't think just play, don't do setting, just play !. They don't understand that play the keyboard is quiet different with pianos, we should know the knobs, the buttons, the function, terminology etc. Therefore for keyboard player is need time to 'know' to observe to obtain the 'required performance, i.o.w can not play directly if you dont need the ' take it for granted playing'. what you should set before you play the' new' organ ?

- Fingering system ( fingered on bas?, multi ? invers?)
- Split point, I love to use C3
- The required voice bank, as your voice style
- The required styles taht you will perfom in that occasion
- The volume of Left hand and right hand voice
- The multi pad (if any, to make your play 'completted' etc etc, i.ow WE NEED TO KNOW FIRST.

Masih ada juga PSR 350
Kemarin itu sampai 3 teman saya ( bapak-bapak) telefon, pertama orang Madura katanya jangan lupa nanti malam harus datang rapat keroncong, tapi kita tidak akan main cuma rapat, kita ingin nyanyi pop. orgen sudah disediakan, saya tanya orgen apa?, Yamaha saya gak tahu model apa ' sekelangkong ngkih. . .' (thank you madura) . Dihati saya terbayang PSR 1500 lah minimal , ok. Sampai saya pulang kerja , di jalan toll di telefon lagi, sekarang orang Jawa, pak sudah tahu kan nanti harus datang oke? 'suwun' ( thank you Surabaya he he) , eh saya ditelfon lagi , sekarang orang Sunda ' Pa diantos kasumpinganana' katanya pak ditunggu kedatangannya he he . .
Saya mampir sebentar ke rumah, tanpa mandi saya langsung ke tempat meeting. Oooh bener ada orgennya, 740 nih kata hati saya, ok lah. Tetapi pas didekati PSR 350 , WOW ! waduuuuuuu yang mana lagi niiiii . . tulung . .Orgen ini adalah mbah buyut dari PSR s 900 . .pake lama dan cuma ada 2 Variasi . .pake nunggu . dan pahe nggak keliatan yang lain jadi harus hafal bener . . ..
'Ayo langsung main . .nggak usah pake lama' kata bapak bapak lagi, saya bilang harus nyetel dulu saya baru megang PSR 350 ini.' nggak usah di setel sekarang langsung main aja..." wadaww, , meskipun akhirnya saya main, saya rame-ramein aja dan memang jadi rame juga . .jam 12 baru selesai . saya belum mandi . .

Ganti Orgen tidak seperti ganti mobil
Jika biasa bawa Innova kemudian diminta bawa 'Hijet 1000' itu mah gampang, cuma penyesuain dikit karena sangat sederhana cuma beda kenyamanan dan kecepatan lah. Tapi jika main orgen itu berhubungan dengan sekitar 100 tombol fungsi ! yang semua bisa di' explor' agar 'enak'.
Jika anda biasa dengan PSR 3000 dan diminta main memakai PSR 3000 di tempat lain biasanya kita ingin 'ngeset dulu' agar semua menjadi 'enak' dan maksimal, tidak langsung jreng. Jadi apa yang biasanya saya 'setel di Yamaha?'
1-Fingering ( Pake Multi atau AI atau On Bass ?)
2-Split point atau batas tangan kiri dan kanan, mana yang paling enak
3-Mengisi Voice bank (Memory suara sesuai genre atau irama, misalnya untuk lagu2 Sunda saya susun suara untuk melody nya apa, untuk lagu lama apa, untuk lagu dangdut apa suaranya dll, dll)
4-Menghafal Style (Jika Orgen seperti PSR 350 kan tidak dengan USB, jadi kita mengandalkan preset atau bawaan pabrik, jika disket ada belum tentu cocok sesuai selera) misal lagu slow cocoknya memakai style nomer berapa, latin yang enak nomer berapa dsb)
5.Mengatur volume suara tangan kiri (Left) , Tangan kanan layer1 (R1) dan layer2 (R2)
6.Mengatur fungsi foot pedal ( kalau pake ya) mau dipakai untuk fungsi apa pedalnya.
Jadi menurut saya perlu sekali diadakan peyesuaian sesuai dengan kebiasaaan kita dan usaha untuk membuat permainan kita maksimal.
Contoh, jika kita biasa memakai PSR 1000 ( duluu) maka kalau 'disuguhi' Yamaha ' Clavinova' maka ini bisa agak cepet karena mesin si Clavinova mirip banget dengan PSR 1000. Jadi masalahnya adalah banyaknya tombol yang harus dihafal dan difungsikan agar permainan kita enak dan mengenakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih