Selasa, 19 Januari 2010

Di Yamaha, volume style kok beda?, atur lagi di step Editing. . .. . .


Halo bapa ibu,
Ada seorang teman nanya saya, kenapa style Yamaha buatan pasar kok berbeda volumenya?, ada yang keras sekali ada yang pelan sekali, padahal style yang ada di dalam orgen sama semua suaranya.

Ya, kalau yang di orgen itu sudah disamakan dong, pakai tools, pakai software sehingga rapi. Tetapi yang beredar di pasar beda sekali, karena kebanyakan kan dibuatnya langsung, on the spot di orgen itu sendiri. Silakan check style dangdut yang beredar , kebanyakan volumenya lebih keras dari style daleman(built in), ya itu tadi sebabnya.

Di Roland (sorry . .) ini sangat mudah, bahkan si tombol untuk ngatur suara ini ada di luar, jadi sekali tekan kita akan dibawa ke tujuan ( silakan buka tulisan saya 'style make up").

Saya menulis ini bukan untuk yang sudah jago, tapi bagi bapa dan ibu yang santai, mungkin orang kantoran, atau siapapun yang sedang belajar, seperti saya.
Di Yamaha, dalam hal ini PSR 3000, S900, S910 bahkan di bawahnya, kita bisa mengatur kembali masing masing bunyi ini dalam ' step recording' function. . . baca manualnya coba.

Begini.
Biasanya yang membuat style jadi gak enak, kasar, keras, itu adalah di DRUM, seperti anda ketahui drum ini disebut "rhytem" di Yamaha, ya, karena memang ia menentukan tempo , menentukan beat, nggak percaya silakan coba style yang depannya nggak pake drum, atau OFF kan saja drum dalam satu style. Lazim juga diketahui jika kita rekaman maka si drum inilah yang pertama direkam, dipakai acuan.
OK,
Fokus saja ke Rhytem yang kedua, berarti kalau dari kiri ( lihat gambar diatas) adalah yang ke 2, biasanya ini adalah drum utama, kalau rhytem 1 biasanya dipakai suara 'cek' cek cek' saja., mau coba praktek, mengatur volume drum ?, coba . .

1. Pilih style yang anda anggap terlalu keras drumnya, dari hasil convert atau dari pasaran
2. Tekan FUNCTION > Digital recording > STYLE CREATOR, sampai disini anda akan ketemu dengan gambar yang pertama, yang diatas.

3.Tekan "CHANNEL" angka 8 kanan atas, bersamaaan (tekan dulu channel dg tangan kanan dan tahan, baru tangan kiri menekan channel rhytem  yg di bawah) dengan angka 8 kiri bawah nomer 2 ( kalau sudah berwarna merah di channel itu berarti langsung, sudah. Kalau belum, amaka tekan bersamaan, maksudnya , ini adlah kita : memilih channel" mana yang akan digarap.

4.Pindahkan atau geser TAB pojok kanan atas ke yang paling kanan, yaitu EDIT, maka anda akan ketemu seperti gambar diatas yang ke dua ( yang agak bawah), ya sudah anda sudah mulai masuk kedalam STEP EDITING"

5. Geser atau tekan sesuai keinginan (gambar bawah) kiri kanan, atau atas bawah, maka sambil anda menggeser, orgen akan bunyi seperti apa adanya yang anda pilih, tak tik tok deg ces . . . dll. OK

6. Untuk atur VOLUME, arahkan si KURSOR di channel VOLUME ( lihat gambar)-volume itu , ,

7. Jika sudah, silakan putar pakai JOG atau tombol pemutar utama yang bunder itu . Ke kiri ngecilin, ke kanan , sebaliknya, atur semau anda.
Biasanya suara BASS DRUM 60-70 sudah cukup, suara SNARE bisa sampai 100 bahkan lebih, terus saja coba, jangan ragu, karena jika slahpun tidak akan berpengaruh pada style anda, kecuali jika  DI SAVE  DENGAN NAMA YANG SAMA.

8. Untuk mengganti bunyi, langkahnya sama, cuma arahkan kursor ke JENIS SUARA, instrumen ( lihat gambar.

9.Kalau sudah, geser lagi kursor POJOK KANAN ATAS ke paling kiri ( BASIC) , langsung saja TEST, onkan orgen anda, dengar bunyinya.

10.,Step 9 adalah option saja. anda bisa langsung men SAVE hasil editan tadi dengan NAMA YANG BEDA biar tidak menimpa file yang asli.

11. Finished, ini akan lebih mudah kalau anda menyenagi dan menikmati prosesnya.

Ok bapa ibu, selamat mencoba, semoga sukses dam enjoy memainkan Keyboardnya

ASG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih