Kamis, 01 September 2011

:: Ke Gunung BROMO lagi, memang chaaaantik !

hallooo bapak dan ibu,
Orgen melulu bosen ah, mendingan jalan jalan aja.
Saya ni main lagi ketempat yang dulu, tempat yg pernah saya datangi saat sekolah di Malang, Gunung Bromo, tau kan, wuuu top banget lah sebagai tujuan wisata Jawa Timur.


Jalan Mana?
Gampang dan banyak, mau dari mana? Kota Malang ?, Pasuruan atau Probolinggo? sama saja karena ujungnya nanti akan ketemu di Sukapura.
Nah Kemarin saya masuk dari arah Probolinggo dekat terminal.
Naik terus, ke selatan, dan setengah jan dari situ kita sudah dilimpahi pemandangan yang berbeda dari Probolinggo yang panas. Alam sudah meninggi dan udara sudah semakin bersih dan sejuk, terus saja karena jalannya cuma satu, gak akan nyasar he he  / / dan petunjuk Bromo selalu ada.

Kendaraan apa?
Apa saja yang sehat, mau Kijang, Suzuki Apv, Innova,Panther, Pajero ,Alphard he he sangat baik.
Tanjakannya sih kebanyakan biasa, cuma ada beberapa tanjakan yang tajam dan panjang yang menuntut kehandalan mengemudi lah, biasa.

Nginep atau Pulang hari ?
Dua duanya bisa, pulang hari untuk lihat bromo saja di siang atau sore hari boleh, mau nginap apalagi boleh.
Kalo pulang hari, berarti kita hanya lihat Gunung Bromo siang atau sore hari, kurang dramatis sih, tapi jelas dan sejuk. Kita juga bisa turun ke lapangan pasir bromo saat itu juga (siang)


Nginap dimana?
Hotel ada, rumah sewa ada.
Hotel yang standard yang berlokasi di bibir tebing yang langsung melihat romo ada 2 kalo gak salah, harganya dari sekitar 600rb ke atas lah per kamar.

Nginap di rumah sewa ?, wow banyak sekali. jangan alergi sama orang situ yang menawarkan rumah sewa dan Hardtop (jip Toyota sewa), mereka biasa, tidak memaksa, santay aja . . .tanya tanya dan tawar menawar dengan mereka. Harga standard lah sama kok.
Rumah dengan 3 kamar yang memadai, sekitar 350- 450rb lah, sangat wajar, kita dapat 3 kamar dan ruang tamu dan dekaaat sekali dengan Bromo.

Sewa Hardtop?
Ya aturan baru, bahwa hanya hardtop Koperasi saja yang bisa turun ke dekat kaki Bromo, Ok lah, namanya Industri wisata, semua harus hidup dari sumber devisa daerah ini, kaan?
harganya berbeda tergantung tujuan kita, mulai dari 350 rb sampe 600rb, nah yang terakhir itu adalah ke 3 lokasi, mereka bilang paket, yaitu, kita diantar ke Puncak Pananjakan di waktu subuh, jam 4 pagi, lalu kita ke kaki gunung Bromo dan gn.Batok kemudian ke 'yang mereka sebut' Pasir Berbisik dan terakhir ke padang rumput (Savanna) di Kaki Bromo dari arah Ranu Pane. Hardtopnya sehat sehat.

Makan dimana kalo kita sewa rumah?
Ada beberapa warung makan di dekat bromo, yaaah lumayan lah masakan lokal tapi jangan harap rasanya sama dengan "Depot" atau resto di Probolinggo. Harganya? umum lah, sepiring 9-10rb, kopi kapal api 3rb, wajar lah, contohnya di warung "Puput" di dekat situ. Makanan di Resto Hotel yang saya singgung di depan tadi yaaah lumayan lah dan harganya ya beda dong dengan di warung, lebih mahal pastinya.
Warung buat beli sabun, sampo, Baterei buat kamera dll aba beberapa, dg harga wajar lah.

Schedule Wisata Bromo "Paket"
Ya, sewa rumah sorenya, santai di rumah nonton tv dan jalan jalan sore lihat kampung Ngadisari lihat pemandangan sekitar Bromo sore hari ..  gratis kaaan . . .
Jam 4 subuh si tukang hard top sudah membangunkan kita sesuai jadwal , hardtop sudah siap untuk naik ke Pananjakan. Langsung kita naik bersama dengan hardtop sewa lainnya.

  • Pananjakan, adalah salah satu puncak tertinggi dimana kita bisa melihat Bromo, Batok dan sekitarnya saat matahari terbit, itu lhoo gambar yang biasa kita lihat di promo-promo tentang bromo
  • Pura Bromo, ya, itu di kaki gunung Batok dan Bromo, dari sini pula kita bis anaik 250 tangga ke binbir kawah Bromo itu.
  • Pasir Berbisik, ya, ini parnah dipake syuting film dengan judul  ini, sepiii luasss bagus untuk foto
  • Savana, padang rumput Bomo, wooow ini yang exotis . . coba deeh . .
Dan setelah itu kita dianter ke sumah sewa kita lagi. sangat wajar lah untuk harga wisata.


Oh ya, disana ada sewa Jaket, yang memadai lah, harganya 25 ribu sehari semalem. jadi gak usah bawa jaket tebal kalo males mah.

apalagi ya?, aah silakan coba deh. Kalo mahasiwa sih bisa lebih hemat kayak saya dulu jaman sekolah, hampir gak ada bayar bayar, semua bawa sendiri, gratisss, nggak nginep karena saya dulu datang tengah malem dan istirahat di mobil, lalu malemnya naik Pananjakan dan turun ke Segoro wedhi, segara pasir di kaki bromo langsung dengan Toyota kanvas yang kami bawa dari Malang.

Ok selamat Piknik ya . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih