Senin, 10 Desember 2012

First Impression, Yamaha PSR S950 Keyboard terbaru Yamaha, dirilis September 2012,apa bedanya dengan PSR S910 ? (Review-1)



Halloooo, gimana?, gimana?

Ya, sejak dirilis nya PSR S910 dan PSR S710  bulan Juli tahun 2009 baru ini lagi Yamaha mengeluarkan produk kelas S ini, Oktober 2010 dia merilis Tyros 4, jadi S yang ini berselang cukup lama ya, karena diseling dengan musibah Tsunami di Jepang itu sebab nya barangkali.Oh ya Yamaha pertama saya adalah PSR 640 di tahun 1999 ha ha ha . .jadul ya?.

Begini menurut saya,
Body nya jadi beda, jadi hitam, jelas ha ha ha, kenapa nya saya tidak tahu, mungkin karena masalah production cost dan atau masalah lingkungan dimana beberapa unsur kimia sudah dilarang digunakan untuk proses berproduksi, ini cuma kira kira,tapi inti nya saya tidak tahu.

Colokan colokan di bagian belakang body jadi lebih sederhana lah, di deret sebaris tidak seperti PSR 910 ada di 2 baris, di bagian hitam dan bagian silver (bagian atas)

Suara ?
Naaah, yang biasa pakai Yamaha dan tidak pernah pakai merek lain seperti Korg,Technics atau Roland pasti agak heran kok jadi begini.
Ya kalau menurut saya sih jadi lebih kering mengarah ke Roland lah meskipun tak sekering suara Roland, tapi mungkin ini bisa dibilang lebih natural ?, coba saja suara Piano nya, tung ! bukan Kling!., lebih real kali ya he he.

Posisi tombol?
Beberapa ada yang dipindah, beberapa ada yang dipermudah, jadi bagi saya yang biasa pakai S910 pada saat  pertama nyoba agak beda juga, tapi sebentar sudah oke lah.
Tombol volume? agak samar, karena berwarna hitam senada dengan body, jika kita mainkan di tempat redup jadi kurang jelas lah si tombol itu.

Yang menarik?
Ya, ada pencari style dengan menekan contoh not dan tempo, misalnya kita nyanyikan dengan tangan kanan beberapa not tang ting tong , maka si keyboard ini menyarankan style apa yang cocok, ini lumayan lah meskipun bagi player yang siap style bisa bisa kurang berguna juga.

Yang sudah saya coba kotak katik?
Ya, saya mencoba mengganti DRUM dari beberapa style dengan REAL DRUM nya si PSR S950, boleh juga. Sebelum ini memang si real drum itu tidak termasuk, tidak ada dalam jajaran drum di S910, tapi ini juga  bisa kurang berarti bagi yang sudah pakai 'sampling' dalam kesehariannya.

Lalu saya coba membuat Multi Pad dengan Wav, oke juga, saya buat pad berisi suara bayi ,suara gemuruh tepuk tangan dan siulan seperti respons penonton di pentas, hasil nya? bagus menurut saya. Bagi yang biasa memakai sound sampling ini sangat biasa juga, mereka sudah biasa buat yang seperti ini, saya liat di teman saya. Tapi bagi pemula, dan anda yang baru  menyenangi keyboard ini akan sangat menarik. Nanti saya pasang Youtube nya ya.

Oh, suara 'Guitar coil' nya bagus menurut saya, cting ! garing banget, saya coba untuk lagu lagu lama dan lagu pop 80an pas banget, menarik lah. nanti saya pasang Youtube nya.

Dangdut dan Keroncong masuk di preset style ?
Memang iya, tapi aah, ini bukan dangdut dan keroncong asli lah, tapi ya lumayan lah, kapan kapan bisa dipakai mungkin ,tapi siapa yang akan memainkannya? he he he.

Intinya, saya suka S950, semakin garing, semakin keras suaranya dan lebih real suaranya dibanding S910.
sementara itu dulu ya, nanti saya teruskan, dengan review kekurangannya. oke?

terima kasih

9 komentar:

  1. numpang tanya :) kalo yamaa psr 2100 bisa gak buat sampling :D

    BalasHapus
  2. Mas saya sangat terbantu dgn video 2 mas di you tube. Trimakasih saya ucapkan. Karena saya baru belajar keyboard dari nol. Sekalian mau tanya apa perbedaan yamaha psr s 750 dan psr s 950 ? Di psr s 750 apa ada fitur pencari style spt di psr s 950 ? Trimakasih infonya. No hp saya 085235721313

    BalasHapus
  3. Mas saya mau tanya dong...untuk memasang suara ketawa di psr s950 bagaimana yaya..
    Mohon petunjuknya terimakasi

    BalasHapus
  4. Kalau mau belajar di rumah bagaimana ya pk?

    BalasHapus
  5. Kalau mau belajar di rumah bagaimana ya pk?

    BalasHapus
  6. om cara membuat multi pad gimana ya?

    BalasHapus
  7. Psr.950 basnya mantep.bingit.....

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih