Jumat, 15 Februari 2008

Jika akan NYUMBANG NYANYI di Orgen Tunggal

Tips ini hanya untuk yang jarang nyanyi tentunya.
Menyanyi diiringi orgen tunggal sangat berbeda dengan karaoke, intinya sedikit lebih sulit, karena di panggung orgen tunggal tidak ada pentunjuk kapan kita masuk setelah intro lagu.
Jiika anda tetap akan nyumbang nyanyi juga, dan agar anda sendiri tidak kecewa (ribet ?) setidaknya ada beberapa tips sebagai berikut :
Lihat/nonton dulu
Karena tidak semua Orgen tunggal All round (bisa ngiringi lagu apa saja, mulai lagu aceh sampai Madura) bahkan kebanyakan spesialist dangdut, maka setidaknya kita nonton dulu barang 1 atau 2 lagu, jika anda merasa OK dengan iringan musik nya barulah niatkan atau bicara ke MC yang di biasanya mudah di jangkau (belakang atau pinggir panggung).
Kenapa begitu, jika anda langsung, mungkin saja si pemain tidak faham lagu anda dan dia memberikan alterlatif lain lagu diluar keinginan anda, nah, mood kita jadi agak turun dengan ini.

Pilih lagu yang umum
Sebetulnya 'lagu panggung' (yang lagi top di panggung orgen tunggal) itu tidak banyak, bahkan dengan 10 lagu dangdut sebuah bisa main dan dapat saweran banyak. Hal ini bisa terjadi karena bisa sebuah jadi lagu yang sedang' in' diulang request hingga 5 kali bahkan 7 kali ! dan terus ada yang nyawer ( tergantung tempat, musik dan biduan tentunya).
Jadi bila kita memilih lagu Utha Likumahuwa, misalnya 'Esok kan Masih ada', meskipun lagu ini favorit anda dan memang enak, ya jadi kurang cocok . meskipun di panggung orgen yang all round (segala bisa). jadi ? pilihlah lagu yang sering didengar saja misalnya lagu dlloyd- sepanjang lorong, lagu 'sejuta umat' broery - "buah semangka berdaun sirih . . aku disini . ." yang mungkin anda tidak suka. Atau "semalam di Cianjur " yang sering kali musiknya kurang mantef . .Jika nyumbang lagu dangdut ?, nah ini lebih mudah, karena kebanyakan orgen tunggal adalah dangdut, jadi? lebih gampang nge-tune nya, Meskipun jika anda minta lagu Mansyur/Caca Handika misalnya 'sedih' (lama) banyak yang nyureng dulu, 'yang mana ya ?, baru anda senandungkan sedikit " Berakhir kisah cintaku . kepadanya . .tak mungkin lagi .aku dapat berjumpa . . .refnya cobalah bayangkan betapa sakitnya . .setelah kutahu .dia bercinta lagi . ." lagu yang manis tapi terkadang pemain lupa arransemennya. karena bukan lagu panggung saat ini seperti Sahara, Ketahuan, Jangan Pura pura, keranda Cinta, Harta dan surga dan lainnya.
Kalau ragu, tengok pemain
Terkadang kita agak 'siwer' (disoriented) kapan masuk lagu lagi setelah interlude, nah, tengok saja pemain kasih tanda sedikit dan ia akan memberi aba aba masuk.Atau anda nyanyi ditemani MC atau bahkan duet denga biduannya.
Cukuplah 1 lagu saja
Meskipun anda mendapat tepukan dan suitan riuh, cukup satu lagu saja nyumbangnya, biar MC meneruskan acara dulu, jika memang anda mau lagi atau diminta, setelah diseling lagu lain anda bisa naik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih