Rabu, 13 Februari 2008

WARNA DAN BENTUK LAGU nostalgia

Kita sempitkan saja, yang saya maksud adalah lagu Indonesia.
Tahun 90an saat booming lagu lagu dari tiga pencipta kita Rinto Harahap, Pance Pondaag dan Obbie Mesakh banyak orang membubuhkan cap 'Lagu Cengeng'. Bagi saya sebuah lagu dilihat sebagai keseluruhan lagu yang berbentuk dan berwarna.
Bisa saja bentuknya bagus tapi warnanya kurang cocok, kemasannya kurang manis dan sebagainya. Jika saat ini kita resapi lagu lagu itu, mungkin saja anda baru menyadari (umur 40an) ternyata lagu itu enak juga. Ketika anda melihat dan mendengar biduan atau biduanita menyanyikan sebuah lagu Obbie mesakh ". .Natalia . .kau telah berubah . "( wow antik banget lagu ini, mungkin bisa terngian sampai mandi di rumah).
Coba Nyanyikan
lagu Hetty Koes Endang di puncak saat anda berkumpul piknik dengan keluarga diiringi orgen, ternyata enak dan tidak mudah menyanyikannya, sekali lagi tidak mudah. Coba ,,
"Ingin membenci . . pada siapa . . . tiada lagi orang lain yang kau cinta . . .bukan bukan salahku", atau refnya yang manis " Kau janjikan berbulan madu . .keujung dunia . . . ."
Apalagi kalau anda yang menyanyikan sambil main orgen dan style-nya pas, wow . .menurut saya nikmat sekali.
Lagu Rinto Harahap yang dinyanyikan Mawi Purba " Tak pernah sekalipun . .tersenyum bibirmu . .sedih yang dihatimu dapatkah aku hiburkan dengan laguku . . . ." atau ref nya " Hey . hey .hey .hey mimpi .datang kini . . hanyalah kau kau sayang . .cintamu kau kau sayang . . ."

Menurut saya lagu itu disebut cengeng mungkin bukan ke isi syair tapi ke susunan kata dalan syair yang dianggapnya kok gampang banget sih bikin lagu, kok gitu amat sih kata katanya. Memang iya jika kita hanya melihat dari kata kata yang dipilih memang sangat sederhana, tapi disitulah terletak kekuatan lagu itu. Simak lagu Rinto Harahap yang dinyanyikan Iis Soegianto :
" Masih kah kau ingat sayang . . . Gadis yang pernah kau sayang . . .Dia menunggumu sayang . .cintamu"
dan sekarang coba anda putar mp3 nya, ikuti lagu 'Jangan kau sakiti hatinya' ini, waw tidak mudah lho, istri anda yang tidak biasa pasti kedodoran, karena Iis ini cukup tinggi nadanya dalam menyanyikan lagu ini. Apa lagi lagu rinto yang dinyanyikan Rita Butar butar " Seandainya aku punya sayap . . terbang terbang lah aku . kucari dunia yang baru . untuk apa ku disini . " atau refnya " Merintih dan berdoa . . .dimanapun berada . . oooh. . . duniaku . .yang fana . .."
Lagu lagu ciptaan Rinto ini sangat indah dan cocok karena di backup oleh pengiring yang cocok seperti Lolypop band dan rintihan gitar pa Ataw , dengar intro lagu jangan kau sakiti hatinya, antik banget, kembangan suara gitar deep Purple lah, enak, enak.

Lagu Pance Pondaag, wuiy . tinggi banget. jadi bukan tidak enak , tapi anda tidak mudah nyanyinya, cuma enak dengernya. Coba " Biarkan aku sendiri . .menyendiri tanpa diirimu lagi . . .walau harus ku akui . .hanya kaulah yang sangat kusanyangi . . .diriku pun tak ingin mencari . pengganti dirimu . . "

Nafasnya Pas
Saya kira semua pencipta yang saya sebut tadi sangat mengandalkan pas-nya nafas dalam tiap kalimat lagunya, sehingga lagu lagu yang dihasilkannya mudah dinyayikan dan enak juga mudah dicerna, alhasil ujung ujungnya kasetnya laku keras, bukan hanya di negeri kita tapi ke negara tetangga.
Kita yang sudah uasia balita (bawah lima puluh tahun) jika ingin nyumbang nyanyi pasti cari yang mudah tapi enak, ya ini lagu lagu cengeng ini yang pas. meskipun anda suka lagu walk away, tapi agaknya di awalnya saja sudah akan ketahuan kualitas suara kita saat nyanyi lagu ini " la .lala . laal .lala .lala, walk away please go . ." tapi coba lagu ini " mungkin lebih baik begini . . .menyendiri di sudut kota ini . . ." mungkin bisa lebih dihayati dan dibayangkan. Pas nafasnya, ngerti isinya, gampang kata katanya . .ya sudah . .nyanyi yuk!?.

2 komentar:

  1. aku suda buka blog nya tapi masih bingung ngegunainnya a bagus juga !!!! kalo mo liat isi yang lain gimana ?????

    BalasHapus
  2. Terimakasih, untuk buka yang lain klik saja daftar yang di kanan. Semua open untuk siapapun

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih