Senin, 18 Februari 2008

Nyanyi diiringi ORKES KERONCONG di BEKASI

Memang unik musik yang satu ini, dalam gempuran genre yang terus termodifikasi, tapi Irama Keroncong masih yang dulu, yang syahdu, lang lugu dan mendayu.
Saya berpartisipasi di beberapa acara dari beberapa grup orkes keroncong di sekitaran Bekasi,Jawabarat, memang unik. Meskipun memang masih didominasi bapak dan ibu yang beranjak 'sepuh' (matang . .hehe) tapi banyak pula kaum muda (gondrong juga, pake spatu cowboy juga lho)yang mengawaki beberapa grup orkes keroncong ini.
Latihan Keroncong
Biasanya mereka latihan tiap 2 minggu , berhubung masih banyak partisipan yang masih aktif berkarya (belum pensiun).Jadi latihan malam minggu atau sabtu siang di rumah koordinator atau pimpinan atau rumah salah satu anggota grup atau di kantor RW. Ada grup yang mengatur uang iuran bulanan anggotanya secara tetap (diluar donatur) dan memang uang tersebut sepertinya kembali kepada anggota, kenapa?, karena tiap latihan pasti ada' acara makan'. Setelah misalnya semua yang hadir (yang tidak memainkan alat) kebagian nyanyi ( 1 putaran) maka diselingi makan malam atau makan siang asyiik. . ., Jadi enak karena bersama sama dan setelah menyanyi, Terkadang jika latihan mendadak, misalnya mau manggung (ada yang nanggap) maka makannya indomie plus kerupuk asyiik juga . . ., kopi dan teh pasti hadir.
Setiap latihan ada yang bertugas untuk 'ngabsen' dan menarik iuran sambil menelefon kembali anggota yang belum hadir, ada juga yang bertugas sebagai MC (pembawa acara). biasanya yang bisa bercerita, guyonan segar dsb, sembari memanggil giliran nyanyi berikutnya.
Para anggota yang kebanyakan sudah 'matang itu ( sepuh . hehe . ) masing masing membawa buku lagu sendiri sendiri, ada yang sudah rapi ketikan ,fotocopian, atau tulusan tangan sendiri dalam buku agenda,sebuah cerminan semangat menyanyi keroncong.

Pemain Keroncong
Biasanya terdiri dari pemaian Gitar melody, flute (suling), biola, chak (gitar kecil tipis senar nya metal 4 buah), chuk (ukulele- 3 senar nylon), Contra bass (bas betot), Cello (dimainkan dengan dipetik, tidak digesek).
Jika misalnya suatu grup keroncong tidak memiliki lengkap pamain alat tersebut, seperti dalam genre musik lainnya mereka bisa 'nge-bon', memanggil pemain dari luar grup dan diberi imbalan yang pantas.

Lagu Keroncong
Mereka menyanyikan berbagai lagu mulai lagu keroncong asli, langgam , lagu lagu daerah, lagu barat, dangdut sekalipun (meskipun mungkin ada beberapa pemerhati keroncong menganggap hal ini kurang pas). Bagi kita yang tidak terbiasa mendengar lagu keroncong mungkin ada perasaan 'kok lagunya semua hampir sama' atau ' kesan terlalu jawa'.
Bagi orang yang suka menyanyi dan pernah mendengar lagu keroncong di radio atau Tv, kalau melihat latihan sebuah grup keroncong mungkin juga akan terheran heran bahwa lagu lagu yang dinyanyikan 'tidak dikenal tapi enak enak' karena memang banyak lagu keroncong yang tidak terpublikasikan ke masyarakat baik dalam kaset (yang terbatas itu) atau TVRI sekalipun, karena lagu yang ditayangkan pasti lagu yang 'umum'

Saling berkunjung antar grup orkes keroncong
Satu lagi yang unik dari grup grup orkes keroncon ini adalah saling berkunjung dan latihan bersama. Biasanya grup tertentu memberi undangan untuk hadir dalam acara latihan mereka dan yang diundang datang dengan beberapa wakilnya lalu menyanyi sesuai giliran ( biasanya agak didahulukan) selanjutnya makan bersama . .(ini dia . .) dan tidak lupa grup yang diundang biasanya memberikan ' tanda silaturahmi dan terimakasih' ( ya artos . .yorto . . .tiud . . .peseh . .money . .buck ), sangat menarik dan kekeluargaan.
Jangan heran , meskipun latiha , mereka banyak yang memakai baju rapi lengkap dengan 'sepatu putih (playboy jaman dulu . .) topi bareta . .dan jas putih , wow benar benar festive !.

Media yang menyiarkan Keroncong di Jabodetabek
(Mungkin ini sudah tidak up to date datanya)
Boleh dicatat bagi anda yang ingin mendengar rekaman atau live orkes keroncong dari seputar jabodetabek di :
- Radio Kayu Manis/RKM 97,9 FM ( Jakarta , daerah Pisangan, tiap hari minggu mulai jam 11an siang )
- Radio SBY AM 600 khz ( Setangkai Bunga Yonina , di Jakarta , daerah Proklamasi, setiap minggu siang jam 13.30an)
- TVRI Jakarta , setiap senin jam 21.45an

10 komentar:

  1. Mohon info, markas Orkes Keroncong Bekasi, dimana Alamatnya atau tlp yg bisa dihubungi....teng kiyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi. Saya suka musik keroncong dan saya bisa bermain musik. Mohon info komunitas keroncong di bekasi.

      Hapus
  2. Siang..Saya juga penggemar keroncong, domisili bekasi..adakah komunitas di Bekasi untuk sama2 main keroncong?

    BalasHapus
  3. Kita sama-sama mencari Mas, group kroncong yg ada diwilayah Bekasi.

    BalasHapus
  4. Saya Ingin Info Markas Keroncong Di Bekasi?? Kalau Ada Beritahu Saya, Saya Ingin Gabung Latihan , Terima Kasih , Purwerdjo

    BalasHapus
  5. Selamat pagi, saya sedang cari jg komunitas keroncong wilayah kota Bekasi utk bapak Saya

    BalasHapus
  6. Saya juga pecinta musik keroncong...
    Yuk kita bikin grup

    BalasHapus
  7. Saya pecint keroncong, tinggal pup di bekasi

    BalasHapus
  8. Wa082213150955

    BalasHapus
  9. Saya ingin bergabung bersama komunitas keroncong. bila ada di daerah bekasi utara atau timur atau jakarta timur bisa informasikan ke saya wa 081311301270

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih