Selasa, 11 Maret 2008

SImpan di memory suara - Tangan kanan akan lebih fokus ke melody

Belajar bersama lagiii, ayo ! coba, latihan lagi . . .
Simpan suara-suara favorit di memory suara ( Voice Bank)
Tujuannya adalah :
1. Agar tangan kanan tidak terlalu bergerak jauh dari tuts
2. Agar kita lebih konsen ke melody atau iringan musik
3. Agar permainan kita cukup variasi suaranya.

Coba kalau orgennya sama dengan saya, kita bisa lebih cepat dapet nih. Tapi pada prinsipnya dalam orgen yang standar (Orgen tunggal) fungsi ini pasti tersedia. Jadi kita harus membuat file-file yang dapat kita akses kapan saja untuk menghasilkan suara yang kita inginkan, dalam Yamaha sering disebut 'file Registration (REG).
Contoh :
Kita buat suara favorit kita dengan nama " Dangdut Ok", dalam Yamaha yang saya pakai, memory ini ada tepat di tengah orgen dekat tuts.
1. pilih suara, misal, srting1 sebagai suara kanan1 (R1) dan, Flute sebagai suara kanan 2 ( R2)
2. Simpan, dengan menekan tombol memory bersamaan dengan nomer tempat simpan yang di tuju misalnya di M1.
3. Ulangi nomer 2, misal R1 adalah Bright Piano, R2 nya adalah Rock Guitar, lalu simpan di tempat nomer dua atau M2 dan seterusnya.
4. Setelah semua panel memory (10 nomer) lengkap terisi, atau terserh anda , misalnya 5 saja , maka anda tinggal menyimpan 'bank suara itu denga nama yang unik, misalnya ' Dangdut Ok' tadi, maka jadilah kita memiliki satu bank suara dangdut.
5. Ulangi dari langkah 1 untuk membuat bank suara lainnya, misalnya ' dangdut2' ( berisi 10 macam suara lagi, lalu misalnya 'Pop alt' juga 10 macam suara dan seterusnya.

Nah, ketika kita sudah memiliki bank bank suara ini maka kita dengan mudah berganti ganti suara melody tanpa kita mencari-cari dengan menekan tombo, 'preset voice' yang tersedia.

2 komentar:

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih