Selasa, 08 April 2008

Jagalah kebersihan Keyboard

Seperti komputer kita di rumah, kadang kadang lupa 'nge-lap', Nah ini akan terasa jika tangan kita bersih sekali dan main orgen, iyy, licin, karena tuts nya kotor.
Saya sering lihat keyboard yang di pangku seperti bayi oleh yang punya, pernah juga suatu kali di Bekasi, hujan turun semakin deras, orgen jalan terus . . brolllll terpal bocor . .dengan secepat kilat si pemain merangkul orgen dan melindunginya . .dalam hati . ."wuih, lebih dari bayi ya . .".
Juga beberapa kali saya lihat orgen yang tuts nya kena rokok dan berbekas, sayang banget, harga jatoh.
Nah, kalo saya sih kira kira begini membersihkan dan mejaga orgen.

  1. Selalu simpan dengan tertutup plastik cover, untuk mencegah tetesan air atau debu
  2. Simpan di tempat atau ruang yang jelas-jelas tidak bocor
  3. Jika main orgen, jaga jagan sampai body orgen'mepet' bergesek dengan yang lain seperti sofa kursi, meja atau lainnya , karena lama kelamaan , body akan lecet, terutama sudut sudutnya.
  4. Jika menekan tombol fungsi jangan di gesek (ditekan lalu ditarik, seperti nyolek) lebih baik di tekan saja, sebab banyak orgen yang lecet di sekitar tombol tombol karena kebiasaan ini.
  5. Jangan memakai 'tissue' saat membersihkan orgen, karena bisa 'gores' , jadi sediakan kuas khusus, misalnya kuas kosmetik (punya istri, sekitar 20 ribuan) , bersihkan dengan kuas semua bagian, lalu seka pelan pelan dengan 'lap kanebo' (agak basah).
  6. Hati hati, jangan bersihkan layar LCD dengan apapun, selain dengan kuas, sangat mudah gores.
Alhasil saya juga beberapa kali melihat orgen full di bungkus plastik (maklum orgen sewaan), seperti sepeda motor yang stripping nya di tutup sticker, biar kalo dijual lagi masih bagus ya?.

Semoga berguna, jika mau nambahin boleh . . .

2 komentar:

  1. salam kenal. sulit cari tips merwat keyboard, ketemunya disini. trims.

    BalasHapus
  2. Mampir sob.

    Http://scorpionkris.blogspot.com

    Follow me ya,
    mksh

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih