Senin, 23 Juni 2008

Roland E50 vs S900 - Suara

Kesimpulannya begini, Roland E50 lebih alami Yamaha Lebih Digital, suaranya.
Suara string > Yamaha : Srinnnnng . . . . . x Roland = Sremmf . .
Suara Piano > Yamaha : Tinnnng . . . x Roland = Ting !
Suara Drum > Yamaha : Stak ! . . .. . x Roland = Jtak!
Jadi bagi yang belum biasa dengar orgen, suara Yamaha (only) akan lebih menarik, maksudnya tanpa sound system ya, saya pake Yamaha sudah sekitar 7 tahunan lah, ganti ganti type.
Jika kita main PSR s900 di ruangan tanpa bantuan alat lain, misalnya ruang ukuran 6 x 6m lah, Menurut saya Yamaha akan kedengaran lebih enak lebih mantaff . . dan si Roland lebih tidak enak, tetapi jika sudah dibantu alat lain misalnya cuk sebut saja merek Blazer lah (cube, speaker aktif dg equalizer) maka keadaan terbalik, suara piano yang enak si Yamaha akan jadi jelek di cube tadi, suara pengiring, style, jadi tipis (cemplang (jw), cawerang (sd)), Nah si Roland jika di bantu cube malah semakin menjadi, suara piano tetap bening dan style jadi menghentak kencang, dengan volume yang sama, jauh.
Nah, jika anda tahu intro lagu 'Tul Jaenak- Koesplus", suara Natural pianonya sama dengan suara si Roland itu, jernih. jika di Yamaha, kayaknya dekat dengan sura ' Octav Piano2'
Coba simak drum Red Hot chili pepper atau drumnya Netral, di Roland akan cepat kita dapatkan hentakannya. atau suara bass nya, juga bisa cepat kita dapat di Roland.
Suara Yamaha jika dipencet agak lama jadi 'mengayun' over vibra gitu, coba deh, di Roland lebih stabil. Silakan baca ulasan pak Tjandra di milis, kayaknya saya jadi sefaham dengan dia tentang suara ini.
Jadi, jika anda lebih sering memakai orgen di rumah tanpa cube, enak Yamaha jelas, tapi untuk l;ebih kenceng lagi pasti enak Roland. Saya sekarang main si Roland ini selalu pake cube, ya merek blazer itu, cuma yang kb 400, harganya sekitar 700ribuan. Waktu main Yamaha, cube ini nganggur, hanya dipakai jika ada pengajian istri saya di rumah. tapi sekarang jadi hidup si cube ini tiap hari saya forsir untuk mengeluarkan suara tendangan drum dan cabikan gitar, seperti asli, seperti ada teman yang main gitar dan main orgen di dekat kita. Dulu Sering juga sih jika nyanyi bareng bapak-bapak di rumah saya pake 'behringer KB 3000' tetep kurang maksimal juga dengan Yamaha ( harus pake cube merek Peavey soalnya he he . )
Bagaimana dengan yang lain ?, wow jangan tanya, Technics (panasonic) tanpa cube jelek, pakai cube jadi paling buagusss, dia jagonya dangdut, paling real suara dangdutnya menurut saya. Korg ? menurut saya terlalu nge- dhug ! suara kendangnya, tapi Korg ini paling kencang tendangannya meskipun tanpa cube, suara pianonya real.
Cuma e cuma . . . . mereka semua kalah fitur tambahan oleh Yamaha . . .gitu. Tapi . . . menurut saya di lihat dari buku panduan 'user manual', Roland lebih menganggap kita dewasa dan lebih menjelaskan dengan detail tentang keanggihan2 tersembunyi dari si Roland ini, silakan down load user manual (ebook-nya) di situs mereka.
Dan ternyata benar, edit style di roland lebih mudah dari pada di Yamaha, saya akan uraikan nanti.

1 komentar:

  1. Kalau Yamaha lebih halus mas, lebih cocok buat indoor.

    Masalah genre, menurut saya Roland lebih cocok untuk lagu masa kini.

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih