Selasa, 15 Juli 2008

Foto mantan pacar-pacar saya berjajar bersama


Meskipun mantan pacar saya yang pertama telah tiada tetapi suaranya saya masih hafal, bodynya yang selalu saya peluk dulu waktu SMP masih saya rasakan kerasnya, nama dan bentuknya masih terkenang dan terbayang, kenapa ? karena pacar pertama saya itu adalah obat dari orang tua saya agar saya tidak main terlalu lama dan jauh, dulu, 1977, saya sering hilang dari rumah hanya untuk belajar gitar sampai ke rumah teman saya Dani Kusnadi (teman sekelas saya) di Cikaso (beusi) Bandung, dani inilah yang pertama kali mengajarkan gitar kepada saya, saat saya 'diajarin' Dani sudah jago di mata saya ( Thank you banget Dan ! dimana kamu sekarang?). Dia mengajarkan saya dengan gitar mereka Genta buatan Bandung yang terkenal itu. Gitar Arista ini juga yang membuat saya bersemangat membuat grup trio waktu SMP dengan Asep Sobara-gitar (anak SMP 14 ,sekarang di Telkom Divre II Jkt, masih aktif Sebagai Keyboard Player), Juliman-Biola ( anak SMP Pasundan - Bojong Koneng, Sekarang tenggelam di belantara Sadang Serang atau Cigandung, Bandung Katanya he he . ) dan saat itu kami bertiga hanya menyanyikan lagu2 Bimbo, Jadi . .Lagu bimbo yang mellow kami pegang banget. Dengan beraninya kami setelah naik turun panggung di RW-RW kami ( He he he) lalu main di acara Ramadhan ITT (Institut Teknologi Teksil) sepanggung dengan Grup anak yang lebih besar lah SMA dan Mahasiswa yang saat itu sudah ada namanya di Bandung, kami saat itu SMP kelas 2 awal (Pede amat lu . . he he he).
Lho kok nggak 'ngeben'(main band)?, jalur sudah penuh, anak anak kampung saya sudah pada ngeband, dan rata rata menyanyikan lagu Rolling stones (Stunan) atau The Beatles (bitelan) jadi kami Bimboan aja he he he karena tukang nyanyi lagu Bimbo, juga lagu2 dari Kalikausar (Iwan Abdurahman), dan yang paling khas kalau ada panggung band di daerah saya, para penonton pada teriak 'STUN ! STUN ! anj*** !' he he he. ( anj*** teh, ku aing anj*** ! )
Jadi kalo di panggung itu lagunya Jaeger 'enjeh . . .aiiiinjeh . . . .' grup kita yang betiga lagunya lagu dari Kalikausar grup, inilah petikan syairnya:
Sejuta kabut turun semalam . . .
mengetuk ngetuk jendela kamarku . . .
meratap melolong lalu menjauh . .
menggoreskan kesan suram padaku . . .
Reff:
Lalu kusibak tirai hatiku . .
ku buka lebar lebar pintu jiwaku

Kuterjuni kabut yang dikaki ku
berbekal matahari yang menyala
yang membara . . . . .aaaaaa . .

(sekarang kalau saya banyangkan, gila, SMP kelas 2 gue nyanyi gituan . . dalem banget . . .) betul deh kang Iwan (abdurahman), saya waktu itu sangat menyukai lagu2 ciptaan anda seperti . .
Ini kisah tentang sekuntum bunga . . .
Terputih dari yang putih . . .
Yang daunnya hijau di musim kering . . adduuuuuu ini lagu muantp banget, dalem

OK ,Baiklah saya kenalin satu persatu.
Pacar pertama (P1) sejak tahun 1978 - 1982
Merek : Arista. Buatan : Bandung , dibeli di : Toko Terang, sebelahnya BNI Cicadas Bandung, Harga : RP.8.500 ( delapan ribu limaratus rupiah) , Dijual : Rp.15.000,- (lima belas ribu rupiah).
Sifat : Suara nya keras, kayu handle lunak jadi di antara fret sampai 'dekok'

Pacar kedua (P2) sejak tahun 1982 - Sekarang
Merek : Toyo. Buatan : Taiwan , dibeli di : Toko Empire Music Jl. Asia Afrika -prapatan Lima, dekat Biro Iklan Pikiran Rakyat Bandung, Harga : RP.45.000 (empat puluh lima ribu rupiah) , Dijual : ?
Sifat : Suara nya Bagus, kayu body dan bagus, paling banyak menemani saya muterin pulau Jawa.

Pacar ke tiga (P3) sejak tahun 1999 - Sekarang
Merek : Yamaha. Buatan : Ds.Pasir Angin Cileungsi, Bogor (PT Rekans) , dibeli di : Cileungsi, Bogor, Harga : RP.135.000 ( seratus tigalima ribu) Dijual : ?
Sifat : Suara nya standar, waktu barunya enak , sekarang agak nggak enak.

Pacar ke empat (P4) sejak tahun 2000 - Sekarang
Merek : Ariana /Samick Semi Electric dengan monitor. Buatan : Ds.Kalapa Nunggal, Cileungsi Bogor (PT Samick) , dibeli di : Cileungsi Bogor, Harga : RP.700.000 ( Tujuh ratus ribu rupiah)
Sifat : Suara nya cukup baik, electricnya OK, kayu handle dan body standar, Tas Gitar : Samick, sngat standard malah agak sesak.

Pacar ke 5 (P5) sejak tahun 2008 - sekarang ( paling aduhai bodi nya . .)
Merek : Juan Salvador- Modelo 2. Buatan : Spanyol , dibeli di : Belanda ,Sifat : Suara lembut dan reverb nya bagus dibanding gitar saya yang lain, Kayu handle dan body sangat ringan Tas Gitar : Merek Gewa, bagus sekali, tebal lembut enak di jinjing dan di bawa di punggung, ada rubber pad di bawah jadi bisa berdiri.

Anak-anak Pacar saya 2001 - Sekarang ( Cak dan Cuk)
Merek : R+. Buatan : Solo , dibeli di : Solo Jawatengah, harga : RP. 85.000 ( delapan puluh lima ribu per pcs) ,
Sifat : Suara nya yang Cak : Pasti Kencang, yang 'Cuk' (ukulele) senarnya harus di modifikasi agar bisa main di keroncong, tapi juga nggak terpakai sama player2 keroncong di 'Jaya Permai karena ada Cuk yang semi electric dan lebih 'Crung !'

Itulah sekilas mengenai pacar2 saya , yang sekarang masih tidur sekamar dengan saya dan suka dibuat mainan oleh anak-anak saya . . .

12 komentar:

  1. wah hebat blognya pak sayagiri...salut!!! saya juga sedang belajar keyboard tapi sekarang stop dulu karena disuruh sekolah lagi oleh kantor, tapi rencana mau beli psrs900. pak asep sobara? saya kenal tuh!!! saya juga kerja di telkom, tahun 2006 pak asep ke balikpapan (acara farewell boss di cafe) saya sempat nyanyi diiringi pak asep. kalau ketemu beliau salam ya dari agung enriko telkom balikpapan.

    BalasHapus
  2. Terimakasih pa Agung.
    Asep Sobara teman saya sejak kecil di bandung. Dia jago gitar dan orgen tentunya. saya mah cuma ecek2 aja. Salam ke di jika ketemu juga.

    Oh ya di telkom saya juga sedang cari ex-teman SMA, dan Kuliah, dimana dia ya.siapa tahu . . .

    - Bu Sri wagiati (atik), masihkah di telkom?
    - Pa IGB Edwin Ranuh , masih di telkom?
    - Sigit anggraito ? , saya dengar di telkom, adakah ?

    ahh , cuma iseng aja bertanya . .

    terimakasih pak.
    ASG

    BalasHapus
  3. Hai apa kabar masih ingat ga..? Asep Sobara, ternyata teman saya yang satu ini sudah pakar di bidang Keyboard...salut dah...
    Terkadang masih terkenang ketika kita bertiga menyanyikan lagu "balada seorang kelana" sok waas nya...
    Kang..! engke kirim emailnya tong hilap sareng nomor teleponna sakantenan, tos lawas hoyong ngobrol....
    Wassalam,
    Asep Sobara

    BalasHapus
  4. NYE, kumaha, alamat email manaaaa . . ulah anonim atuh . . jadi urang teu bisa ngabales, sok ah urang ngorgen deui . . .urang ge sono yeuh JEUNG HAYANG GUGURU ka maneh . . .

    BalasHapus
  5. nya eta urang teh can ngarti jadi milih anonim eh enya poho ... email urang gorbacep2008@gmail.com...
    lain kieu sep saya teh hayang organ tapi PSR-3000 mah sering make nu di kantor... tapi aya deui nu PSR-S900.. urang bingung milih nu mana nya, jeung deui style nu aya di PSR-3000 kabawa ka PSR-S900 teu...?

    BalasHapus
  6. Nye, maneh mah api2 teu nyaho siah, make nanya p3k jeung s 900, nya mending s900 atuh . . mana hp maneh . . .. .

    BalasHapus
  7. Sep baheula lain boga gitar anu 12 senar?

    BalasHapus
  8. eee eta mah lain nu urg . .nginjeum baheula ka si Richard, vocalist Country SMA 9 tea . .

    BalasHapus
  9. A... Minta teks lagu selamat selamat jalan.kasihku... Eta lagu balada pisan, mo ijin sy nyanyikan...

    BalasHapus
  10. A... Minta teks lagu selamat selamat jalan.kasihku... Eta lagu balada pisan, mo ijin sy nyanyikan...

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih