Rabu, 16 Juli 2008

Mengingat style ? -Gunakan 'Music Finder' atau 'Rename Style'


:::UNTUK YANG BARU BELAJAR ORGEN:::
Di dalam orgen yang standar sat ini, seperti Yamaha PSR 3000, S900, Korg PA 50 dst, Roland E 50 dst, variasi music (style) sudah lumayan terwakili, maksudnya kalau kita membutuhkan irama untuk lagu 'anu' setidaknya ada yang agak mirip lah. Contoh lagu yang lagi laku saat ini dari 'The Masiv' ( kucintaimu tak berarti bahwa . . ) atau lagu dari 'Wali' ( dik aku minta . . . ) di Yamaha ada di Roland E50 juga ada.
Lagu Oldies ? , wow bahkan di Roland E50/E60 jelas jelas nama style nya disebut 'oldies' enak banget untuk mengiringi lagu2 kita itu. siapa ? Alfian ok, Erny Djohan ok, Lilis Suryani Ok, Tuty Subarjo ok, Onny Suryono Ok, Patty sister ok ! semua bisa Ok meskipun untuk beberapa lagu tertentu kita harus 'set' lagi contoh lagu Alam desa nya Tety kadi ( terlihatlah sungai meliku-liku . . mengairi padi yang tumbuh subur . . bila tiba saatnya padi menguning . aya ya hasil pun melimpah . . .) saya kan pasang MP3 nya sebentar lagi.

Nah, karena style2 tersebut tidak dinamai judul lagu, maka si pabrik orgen membantu kita untuk mencocokkan, nyariin lah, cuma e cuma . . . semua lagunya lagu barat, dan tentunya untuk menghindari problem hak cipta maka si produsen 'menyamarkan lagu' nya misal untuk lagu 'The Final Count down'( Europe) dinamakan ' The Final Counting' seperti itulah, atau lagu 'Yellow Bird ( The Brothers Four) disamarkan menjadi 'Yellow big bird' misalnya, Jadi jika kita menggunakan music finder maka kita kana dibantu mencarikan style yang cocok, tapi . . . hanya untuk lagu barat dan itupun kita harus hafal judul lagu dan 'plesetan judulnya.
Gimana lagi caranya ?
Untuk ' mengingat style' lagu2 Indonesia kita bikin saja sendiri, bukan bikin style tapi 'rename !' dinamain lagi aja. Jadi , coba style2 itu , dan setel, Tempo nya ( minimal yaa) lalu save deh, begini

Di Yamaha :
1. Jalankan Style, kalau cocok atau agak cocok, misalnya lagu' Bis kota' ( Franky & Jane)
2. Copy ke User file atau USB, terserah
3. Beri nama baru, yang asalnya 'Country 2-4' menjadi ' Pop Bis kota' ( maksudnya biar urut nanti)
4. Save, selesai. seandainya belum cocok, set lagi temponyalalu
5. Save lagi, selesai deh kita punya style lagu Bis kota

Di Roland E 50/E60
1. Jalankan style, atau cari yang agak cocok atau yang cocok banget
2. Masuk ke menu 'Style Make up', jangan rubah apa apa
3. Save dengan nama baru yang kita maksud, jadi deh punya style khusus. .GUAMPANG BUANGET.

Biasanya saya, mungkin butuh waktu 1 bulan untuk menamai kembali style2 yang saya inginkan, Lho kok luaaamaaa buanget, iya kan saya bukan tukang Orgen,saya kan orang Pab(rik), jadi kalo santay saya rename style gitu . Coba deh. ( sory . . . untuk merek orgen lain saya kurang faham . .maaf ya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih