Minggu, 06 Juli 2008

Iwang , setia pada KN 1400 sejak 1998



Sayang disayang, Panasonic sebagai ibu dari orgen Technics menghentikan pembuatan orgen top ini. Seandainya sekarang masih produksi dan inovasi ,dikawinkan dengan Yamaha untuk fiturnya pasti Technicslah orgen favorit. Pemakainya sekarang sudah jadi 'mbah KN' yaitu orang yang tahu sampai dalem-dalemnya orgen bahkan pernah 'nyolder perutnya segala' segala

Jangan ditanya lagi, kalau pemakai KN 1400 dan adik adiknya yauitu KN 2400, 2600 hampir pasti orang dangdut atau popnya sedikit. Tampang Technics KN 1400 ini serem, besar dan bagus menurut saya, bahkan lebih bagus dari adik adiknya itu.

Iwang Suwandhi , mantan air Crew Trans Wisata (Charter Pesawat Terbang-grup Arta Graha), dari 1998 sampai sekarang masih pake KN 1400, saya tahu, bukan tidak bisa ganti, tapi 'kadung centah'. 'Kok gak terbang lagi?', ' tawarannya jauh-jauh di kupang . .jadi sekarang mantepin ini aja dulu'.kata dia. Kalau Iwang pake baju seragam yang 'mirip pilot ' itu tampang nya tidak begini, kayak pilot beneran he he . . .

Membuat style 'dangdut' jadi makanan sehari-hari bagi Iwang bahkan saya lihat dia membuat style sudah dengan 'step recording' jadi bukan seperti mukul gendang lalu 'ter rekam' tapi dia buka papan 'bar' kemudian isi dengan suara gendang seperti :
Tak . .spasi . . dut . .spasi . . .du . .spasi . .tak . ..spasi . .tak . .spasi . dung . .spasi . . dan ketika di putar jadi tak dut du tak tak dung dung ! kelihatannya gampang banget ! lalu ditambah bas gitar dan sebagainya.

Seharusnya dari dulu para endorser itu 'ngajarin' bikin style kayak gini jadi dari dulu sudah pada bisa, kata Iwang. Iya juga sih, para endorser itu kan orang2 jago, untuk technics Purwa Tjaraka, tapi tentu saja tugasnya bukan 'ngajarin' membuat style.
Style Lagu dangdut iwang setiap hari bertambah, jadi disketnya tambah banyak. Kata dia KN 2400 dan 2600 sering banyak gangguan, kalo ini (KN 1400) paling bandel.

Coba anda dengar sekali kali, apalagi yang jarang denger orgen, suara yang dihasilkan dari KN 1400 ini mirip sekali orkes dangdut. Iwang dalam panggungnya 'Dian Nada' selalu menambahkan lead gitar (melodi) suling dan gendang rampak ( Kendang Sunda).

7 komentar:

  1. pengen nyari stylenya buat KN 1400... terutama style dangdut...
    dimana ya?

    BalasHapus
  2. coba di ' harodilia.com' pak . . .
    kalo KN lainnya , lihat jg di ' jososoft.dk' cari other brands, karena situs ini situs Yamaha . .


    ASG

    BalasHapus
  3. saya masih menyimpan banyak style kn 14..terutama dangdut.....sy jg masih memakai kn14 sbg kyboard pavorit untuk music etnik

    BalasHapus
  4. Saya punya kn 14.., dimana ya cari styl dangduth dan songnya ? tlg dong bagiin saya.....???? saya butuh banget nichhh

    BalasHapus
  5. K Mami, salah satunya silaken liat atau cari di Keyboardiz.com disana banyak sekali style berbagai macem merek. cuma agar bisa donload anda harus jadi gold member dulu, silakan saja baca syarat2 nya di situs itu.

    semoga bantu ya mami . . .

    BalasHapus
  6. Menarik sama abang, kenalkan nama saya Fadlin, saya juga punya KN 1400, cuma KN yang ini tempat saya dari awal belajar musik klasik
    Pengen konsul ni bang, kalau untuk memainkan efeknya secara maksimal bagaimana caranya ya bang?

    BalasHapus
  7. Mas Rachmat,salam kenal juga
    sayang sekali saya ini cuma lihat saja org yg main KN, sedikit sekali saya nyoba KN sehingga saya tidak kenal si KN ini, cuma suka saja suaranya.

    sory ya
    makasih

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih