Senin, 07 Juli 2008

Lagu BUBUY BULAN cipt. Beny Korda - Klik play di kanan >>

Lagu ini dalam bahasa sunda harian, bagi yang belum tahu artinya , di bawah saya artikan, jangan khawatir penterjemah bersertifikat, nilai 9,5 he he . . . .Cuma dalam lagu ini 'logat' Diah Iskandar agak 'barat' atau tidak terlalu 'kental' Sundanya, agak 'cadel' gitu
Istilah :
Bubuy adalah membahar sesuatu(makanan) dengan memasukannya ke dalam bara api, jadi jaman dulu kita masak dengan kayu bakar (Hawu) biasanya sambil masak dimasukanlah singkong ke dalam bara apinya , itu disebut bubuy sampeu (singkong)
Sangray adalah menggoreng tanpa minyak goreng jadi seperti kacang, kopi, nasi atau sebagainya digoreng tanpa minyak agar gosong atau matang.
Situ (danau) Ciburuy adalah danau di pinngir jalan antara Cianjur/Rajamandala dan Padalarang ( 20 km barat Bandung), duluuu sangat terkenal untuk wisata orang Bandung, sekarang ? lupaaaaa , apalagi semua lewat toll Purbaleunyi, Jakarta Bandung 2 Jam only !

Jadi syair lagu ini sangat klasik, seperti pantun ada sampiran ada isi. Kesimpulannya tentang seseorang yang penasaran , sering memandang seseorang yang sering lewat (depan rumahnya-mungkin) lalu . .yaa gitu deh.
::Foto+MP3 : Mazef Holland ::


Bubuy Bulan
Ciptaan : Beny Korda

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Bubuy Bulan sangray bintang
Panon poe panon poe disasate
Matahari matahari dibikin sate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
tiap bulan tiap bulan temuilah aku
unggal poe unggal poe oge hade
Tiap hari tiap hari juga baik

situ Ciburuy lauk na hese di pancing
danau Ciburuy ikan nya susah di pancing
Nyeredet hate ningali ngeplak cai na
Tergetar hati melihat bening dan luas airnya
Aduh eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Duh itu siapa yang lewat tiap pagi
Nyeredet hate ngingali sorot soca na
Tergetar hati memandang sorot matanya                                      HOME/ topic terbaru

2 komentar:

  1. hatur nuhun atas infonya ^^

    BalasHapus
  2. fuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccckkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!111!!!!!one!!11!!!!!11!!!!

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih