Minggu, 14 September 2008

Musik Kenangan : Sebagian kaset pelajaran bahasa jawa saya, Kartolo an

Sewek kawung - bedah pinggire
atine liwung - susah pikire

Tahun 1983, saya mulai menetap di Malang, Jawa timur, tepatnya di daerah Dinoyo gang 7, kos di rumah "pak Mat" (Rachmad) di bantaran (pundak) sungai Brantas.
Wadduuu, disitu tiap hari kuping saya ' dijejali' oleh sejenis musik plus obrolan berbahasa Jawa timu-ran, eeuuuhhh . . . gerutu saya . .berisik, tapi yang namanya pak mat itu 'cuek' saja sambil telanjang dada di ruang tamu pas di depan kamar saya, kadang dia mesem . . lalu tertawa sendiri.

Semakin lama semakin hafal saya kaset yang di setel, soalnya banyak yang di ulang ulang, setttiaapp hari tanpa absen !.
Lama kelamaan, sekitar 6 bulan kemudian , saya sudah jadi agak 'bonek' bicara tanpa Ja***k rasanya nggak lega, nggak nyampe. Bahasa sehari hari sudah bahasa "kilaw-kilaw (walik-bhs.jawa dibalik).
Eeeh . . . . . . . jadi kenal juga sama Kartolo."kaset apa nih pakMat" tanya saya "Ini kaset Kartoloan dik, ayo dengar nanti juga suka" lanjut pak Mat lagi. Saya mulai pinjem kaset ke pak mat, pertama "Tumpeng Maut" cerita yang pertama saya dengar dalam sejarah hidup saya.

Beberapa waktu kemudian saya jadi ketagihan, malah beli sendiri kaset Kartolo, di Malang, kalu ke Surabaya, di Jember, selalu saya menyempatkan diri untuk mambeli kaset Kartolo ini, hasilnya . . rasanya saya lebih cepat jadi Orang Malang daripada teman saya yang sama-sama dari barat ( Jakarta, Bandung dsb).

Lebih lanjut lagi saya jadi suka berburu panggung pentas Kartolo, di hajatan orang, terkadang saya parkir motor saya di pinggir jalan untuk nonton pentas nya. Terakhir saya nonton Kartolo 1985 akhir di kampus teman saya (Unmer), seingat saya Kartolo belum pernah manggung di Kampus Saya (UB). Salah satu cerita paling lucu adalah "Rabine Cacing anil" ( Nikahnya Cacing anil . . .seperti cerita Karnadi Bandar Bangkong kalau di sunda)
Tokoh pemain yang paling saya suka adalah Basman, lalu Sokran, Sapari dan Blonthang, bukan Kartolo atau Tini, kalau dalam kidungan (lagu) saya suka cak Sidik karena (sering jadi bintang tamu di grup Kartolo) karena suaranya kering dan inovatif wacananya, hingga saat ini menurut saya pasangan cerita paling klop ya Basman , Sapari, Sokran dan Blonthang itu.
Kasar, Lucu, lugu, ndeso (kampungan), asal njeplak dan surabaya banget.

Sekarang Kartolo-an sudah ada Mp3 nya , teman saya bisa mendengarkan sepanjang malam di kendaraan jika pulang kampungnya ke Malang, saya juga bekal kaset lama ini setiap hari, terkadang saya setel pulang kerja, ngisi macet di toll, senyum sendiri, ketawa sendiri . . saya jadi ingat sama pak Mat . . .inget sama bulus yang biasa ia tangkap dari kali Brantas, dangingnya dimakan dan gajih nya dibuat minyak bulus, itu juga yang membuat pak Mat termasuk awet tua . . .kekar dan ceria . . masih ada nggak ya pak Mat . . .Dinoyo Gang 7 Nr. 293 . . .

inilah salah satu contoh bukaan nya cak Sidik yang saya ingat

Awan awan mangan bakwan
wedang kopi akeh gulane . .
Tasek perawan ojok sering pacaran
wurung dirabi ngamuk tanggane

ngono-ngono iku salahe sopo . . (wak Cipto . .)

Tuku batik diwadahi kiso,
ditinggal purik ngentekno kloso . . . . . .


Ini juga salah satu bukaan pak Basman, sebagai lurah

. . .sopo sing nggak kenal karo aku . .
aku iki lurah basman, lurah sing wis terkenal tekan negoro ngAmarto . .
kabeh wis umum nek aku juluk selodono,

selo iku watu, dono iku weh weh
dadi ,aku iki weh weh watu . . . ( hue he he . .)
lho . . .lho . . lho . .
aku iki lurah sakti mondro guno . .
iso ngilang nggak iso balik . . .

eh, sopo kon, jok macem macem ambek aku .
aku iki lurah sugih . .
sugih cikar sugih sapi . .
sugih bebek sugih meri . .
sugih jaran sugih bendi . .
sugih kloso sugih tinggi . . .( hue he he)

e , eh, sopo kon ?, wani wani karo aku ?
aku iki lurah Basman, lurah sugih,
omah ku magrong magrong , pinggir embong . .
lori jane pating seloyong . .
tandurane lombok terong . . .
sopo sing metik udele bodong . . ( hue he he)

ini petikan obrolan Blonthang (B) dan nJoto (J)
J : teko endi ae awakmu tang ?
B: Penataran !. J: Penataran opo awakmu
B: Penataran, memperjemahno apsoro K, K sak bajeg tak bedek iso, ayo cobaen
J : Nek K siji opo iku B : Ka - tok ! , J : Lho , kok iso
B : Iyo , K siji iku K- tok.
J : nek K loro ? B : Kato Kolor, nek telu kato kolor kombor . . dsb.

B: Kene iki kumpul katene ngadakno ri-yu-ni (reuni), kan wis ono
pepatah dalam bahasa inggris " yunaitid wi sten difaidit we fol "
J : adu rek landepe cucuke, opo iku maksude
B : Yo a ayo bersatu, cek menang . .
J : Menang opo
B : Menang ukik ! ( salah satu permainan/judi kuno)

Saya banyak yang sampai hafal dialog mereka . . .mereka profesional . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih