Jumat, 19 September 2008

Sebanyak apa style orgen yang kita punya ?, Berapa persen yang biasa dipakai ? (2008)

:: Reminder : Style atau Accompaniment atau musik pengiring dalam Orgen ::

Ya, Pada sekitar tahun 2000an di Jakarta banyak sekali iklan ( terutama di koran Pos Kota sabtu dan minggu) yang menawarkan style orgen berbagai macam merek dengan harga 150 rb per set 10 disket, bisa pilih, pop ,dangdut atau midi dan hebatnya lagi diantar sampai tujuan !, banyak teman yang beli juga dan memakainya ( gonta ganti disket).

Beberapa tahun kemudian jadi lebih terbuka dan murah, ada yang memberikan complement, jika membeli orgen dari di akan diberikan 1 CD berisi ribuan style dan midi dari berbagai merek, juga buku lagu (cukup bagus lah) dan soft copy dari kumpulan lagu barat dangdut dan pop Indonesia, ratusan lagu, cukup juga . . semakin baik.

Beberapa waktu kemudian muncullah beberapa situs yang 'menggratiskan' style dan midi, ini baru kemajuan pesat, ada yang terbesar di Indonesia (menurut saya) yaitu situs Harodilia.com, ada jososoft.dk (khusus Yamaha,kemudian semakin berkembangkarena semua merekajadi ada) juga ada blog yang dengan baik hati menawarkan style gratisan seperti densmusik.multiply.com dari manonjaya Tasikmalaya (Jabar) yang memang menerima pembuatan style Yamaha.
Tetapi di tahun 2008 ini masih muncul juga situs baru yang menawarkan midi gratisan, meskipun di harodilia sudah dengan sangat mudah dan 'nggak ribet' tinggal ambil, tinggal down load, nggak usah permisi singkat katanya.

Cuma, setelah saya berputar-putar ( tapi nggak pusing) coba ini coba itu, ternyata dari style sangat banyak style yang cuma diganti nama, isinya sama, entah siapa yang duluan buat, si A atau si X ?.
Saya punya teman yang sangat haus style, tapi tidak pernah mau down load sendiri, jadi jika ketemu teman lain dan membawa USB, dan dibilang ada style baru dia langsung "sedot" langsung copy, padahal dia murni player dangdut !, tapi styleapapun di sedot-nya. (koleksi kali ya ?).

Kira-kira . . style yang beredar itu bukan style yang khusus, tapi style yang dianggap sudah 'basi' sudah umun bagi beberapa player, tapi mungkin juga dianggap sangat baru bagi yang baru menemukannya, ndak masalah, yang pentring bermanfaat. Mungkin saja style andalanpara player tetap bersemayam dalam file di USB masing masing, dan hanya di 'panggil"ketika show time. Jadi jangan heran kalau anda mendengar permainan yang sangat bagus dan jarang, tetapi juga jangan heran jika anda kemudian dapat menebak sendiri, oooo . . .ini seperti yang di sana . . . ooo . . . ini sama dengan style si anu . . .

Dari ribuan bahkan pululuhan ribu style berapakah yang efektif dipakai ?Menurut pengamatan saya, pada sekali manggung (anggaplah 10 jam ! wuh . .) cukup 40 style ! cukup, dengan permainan yang memadai, styleyang sama dapat 'terdengar' menjadi lain untuk setiap lagu yang berbeda, kenapa, karena melody beda karena jenis musik dalam tangan kanan berbeda !.

Satu kali manggung 10 lagu ! mungkin !
Lho . . . jadi maksimal 10 style !
Ini mungkin ! dan iyya pernah ! really !, teman saya, spesialis dangdut, pernah mengalami ini dalam saru kali manggung bahkan kata dia 8 lagu !. "perhatikan kode biduan atau MC yang memutar telunjuk ke atas" ini salah satu tanda untuk terussss . . .karena yang nyawer masih ON di depan si biduan . . jadi terusss ulang lagu nya ( kebalikannya,yanda O,telunjuk dan jempoldibuat angkan o artinya 'udah . .stop".
Jadi begini . . ., setiap lagu dinyanyikan rata rata 4 putaran ! , empat rit ! orang semua "nyawer " ( memberi uang tips pada si penyanyi sambil dia juga joget di depan si penyanyi), jadi dari jam 8 malam hingga jam 2 pagi hanya 8 lagu artinya 8 style ! dan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . uang hasil sawerannya adalah 4 x, empat kali dari harga dia manggung ! jadi misalnya harga orgen tunggal plus saat itu 2,5 juta, uang hasil saweran nya daper 10 juta !, kenapa . . . . . .? ini karena , player 'gape' jago, enak , pas , klop mainnya, lalu biduan cantik,suara bagus, sexy, baik, ramah,tamah, sopan, santun dan tidak sombong he he he he . . . abis dah ! ludes !,jadi bisa dengan 8 style only . . .

Benny "Gila" dimana kau !, ini gua dari bekasi !
he he maaf kalau namanya sama . . .
Ya, karena namanya yang kami tahu cuma Beny tapi kalau di panggung/ pentas dia sangat outstanding ! perfect ! jadi kami karena susah nyebut, kami namakan saja "Beny gila"karena performanya memang gila ! bagus ! ( saya pernah ceritakan dulu).
Secara performa dia jauh diatas Dorce gamalama itu . . . cuma Beny rada gila, jadi aja dia masih menggelandang ( Beny pernah keliling Asia).
Saya pernah beberapa kali mengiringi Beny' sarap' ini.
Bayangkan saja, lagu pertama ' I Fell good ! dengan suara sangat tinggi dan mantap khas, penonton langsung jingkrak, karena dia maju ke sela-sela para undangan dan 'dance' di sana . eehh kemudian karena ada orang batak yang dia ajak nyanyi. . lalu dia bilang "Lisoi . .lisoiii . .Lisoii Lisoi Oo parmitu . . . ( ganti Irama !) waduuh, penonton terus turut bernyanyi, lalu dia menghapiri saya "lu rege, ntar gua terusin . . lu tetep aja rege . ." dia ngobrol dengan audiens kemudia mulutnya menirukan drum dan Bass Regae ( acapela), " ya naik .. naik ( maksudnya percepat tempo lagu !) dan teruslah dia medley beberapa lagu, cuma nada dasar saja yang dia minta naik turun.
Lalu di menyeruak ke tengah-tengah tamu dan langsung dialog dengan seorang ibu keturunan tionghoa, dengan bahasa mandarin ! dia mengajak menyanyi . . dan langsung menyanyi mandarin ! dia sempat menghampiri saya "sikat aja " jreng ! applaus dari semua yang hadir lalu diselingi 'action dia berdialog sebagai Jet lee" seusai itu dia pidato lagi, dialog lagi dengan para penonton, saya harus terus lihat tangan dia memberi tanda stop dan start seketika!,tiba di sebuah pasangan tamu ibu dan bapak, dia menanyakan , selamat malam pak . . maaf bapa aslinya dari mana . . ibu ?, kemudia dia (beny) bersimpuh di kaki si ibu sambil bernyanyi melengking bak Edi Silitonga "Inang . . . . " , wadduh saya segera cari style , dan lagu terus berlanjut . . penonton bertepuk riuh lalu senyap . . sang ibu berkaca- kaca , saya sendiri tak tahu apa arti detail lagu tersebut, yang penting tentang ibu , agar taste dan feeling terjaga, apa yang terjadi di setiap lagu ? . . . . .
Saweran kepada pak Beny yang bersahaja itu tak henti . . .( dia tidak gila . . he he . .bahkan dia seperti ustad/ guru . . jika tidak sedang bernyanyi, jikangobrol biasa).
Dan . . . dia mendekat kepada sayalalu berbisik lagi, " lu cari-in India yah, tunggu aba aba gua" ( maksudnya saya diminta menyiapkan style untuk lagu India atau dangdut lah) . . .lalu . . . dia bergaya seperti perempuan dan menyuarakan senandung . . "Pawen kamahina. . .pawane kareshore . . . ." gila . . . suara biduan India yang sangat bagus . . .melantuntah lagu terkenal itu dari mulut Beny yang juga beraksi sebagai Amitabachan . . dia menari India . . berputar putar di tiang tenda . . .dengan suara tetap terjaga ! Bebby . . . benny. . lu memang sarap . . bisik hati saya . . . itulah sekelumit Pak Benny yang saya hargai keahliannya . . membuat penontonn terpukau selama ber jam jam dan dengan iklas menyumbangkan saweran . . karena terhibur . . .

Nah, dulu . . . dulu . . . ini mah . .saya sengaja menyiapkan satu file khusus untuk pak beny dalam USB saya dan jumlahnya sekitar 60an style lah . . cukup, semua genre lagu hampir tercover , jadi ?

Yaaaaa, jadi ternyata takperlu ribuan bahkan pluluhan ribu style yang kita boyong untuk menjadikan sebuah penampilan semarak dan berhasil,tetapilebih kepada performance para pendukung, kekompakan dan kesungguhan hati untuk menghibur . . .

Ben, dimana lu sekarang? . . . . .
ini gua, dari bekasi . . .liat deh foto gua . . .
semua nyari lu . . . termasuk ibu- ibu yang di pekayon . . .

( saya dengar kabar pak Beny sekarang tinggal di Pekan Baru - Riau.)

2 komentar:

  1. pengalaman yang berharga... hehehe thanks
    dari
    (keyboardis magelang)

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih