Jumat, 26 September 2008

Selamat Jalan . . Selamat mudik . .selamat Liburan . .

Ada yang bilang, esensi pulang kampung itu liburan.
Tapi ada juga yang bilang silaturahmi, ada juga yang bilang nggak wajib dsb. dsb.
Tapi bagi saya mudik itu ya libur . . ya silaturahmi . . ya bernostalgia . . he he he, melewati jalan yang itu lagi, jalan yang dulu, saat saya muda . .( sekarang tua . . he he ).
Ada yang mudik ke Jawa timur ?:, Surabaya, Kediri, Blitar, Gresik, Jember, Probolinggo ? , semua aja, sebut semua kabupaten di Jatim , hingga ke Sangkapora di Bawean.
Pake jalan mana ? menuju batas Jawa barat ?
Jakarta - Cikampek-Pamanukan - Cirebon ?
Jakarta - Cikampek- Sadang- Cikamurang - Cijelag- Kadipaten- Cirebon ?
Jakarta - Cikampek - Sadang -Cikamurang -Cijelag - Kadipaten -Majalengka -Sumber- Cirebon ?
Jakarta - Cikampek- Sadang- Cikamurang-Cijelag-Kadipaten- Majalengka- Cikijing- Ciamis -Majenang?
Jakarta - Cikampek- Wanayasa - Cagak- Buah dua- Sumedang- Wado -Tasikmalaya- Ciamis?
. . . . .
Semarang - Salatiga - Gemolong- Sragen - Kediri - Malang - Jember ?
Semarang - pantura terus - Tuban - tanjung kodok -Paciran - Surabaya

Rasaya saya sudah menempuh berbagai jalan yang saya sebut tadi . . siang ataupun malam . . , semua itu jalan kenangan saya . . macet kenangan saya . . .
Pernah kena macet 2 jam ?, 4 Jam ?, 7 jam? di pantura atau di jalur tengah Purwakarta Subang . . .ooh . . . susah sekali kita untuk tersenyum saat itu . . saya sebagai driver cemberut . .para penumpang ya macam macam, ada yang pengin ke toilet, ada yang ingin pulang lagi ( maklum arek-arek cilik . . .)

Belakangan ini, kalau mudik ke Jawa Timur, saya selalu berangkat malam dari Bekasi, jam 7an lah, biar 'musuh'nya sedikit, motor agak kurang ( kalau siang mungkin puluhan ribu sepeda motor tuplek di jalan pantura) dan . .
Biar para penumpang tidur . . .jadi saya melek aja sendiri, denger musik, dengar ludruk, kartoloan . . he he . . (tidur . . tidur . . . udah , aku aja sendiri nyetir . . he he ), pas istirahat baru kita bangunkan, ayo toilet !- toilet !, pop mi . . .siapa yang mau bikin pop mi . . .( itu mie pake gelas itu . .).

Nggak tahu, kalau para penumpang pada melek, saya kok jadi ngantuk , swear!, jadi kalau saya nyetir malam, yang lain saya suruh tidur, saya jadi nggak ngantuk, kok gitu ya ?

Semuanya itu saya nikmati, seperti dulu, sering naik Lorena (bis malam), Jakarta surabaya, saya sering nggak kebagian kursi, jadi saya duduk di sebelah sopir (kursi satu untuk kernet), yaa biar . . yang penting kita nikmati perjalanan ini . . perjalanan hidup ini. Malem kita jalan ayo . . siang kita jalan juga ayo . . semuanya berkesan di hati dan tak kan terhapus, semuanya menjadi bagian dari kekayaan diri.

Siapa di dalam mobil itu ?
Ini yang paling saya suka jika liburan pulang kampung.
Tengah malaam di pantura sekitar kudus - Pati - Tuban lah, jalan sepi . . semua tertidur kecuali saya, yang mulai agak ngantuk juga. .whoaa . . .eit . .! tiba tiba, plap !, Plap ! dari belakang sepertinya mobil melaju kencang sekali dan menyalip saya . . wwess . . .(jika mobil kita sedang berhenti, pasti goyang kena anginnya).
Gila , kata saya, masih aja kenceng, orang sudah capek, siapa yang bawa ?, tapi saya jadi tergerak untuk tidak ngantuk, bahkan, mendekati terus mobil tadi, bahkan terkadang jadi berhenti di Pom bensin atau Restoran dan berkenalan . . oh indah banget tengah malam itu . . .

Akhirnya, kalau dari kejauhan, di depan saya ,ada mobil, saya sengaja juga kasih beam, Plap !, Plap !, te te tet ! wesss . . saya salip kencang juga ( he he he, yang di mobil tadi pasti tanya, gila siapa drivernya 'kok sik seger wae". . . akuu . . . he he he . . . ayo susulen . .).
Ini kenyataan, saya pernah kejar kejaran dari tuban ke Surabaya, dini hari . .saya beri supaya dia nyalip, tapi kok nggak mau nyalip, saya tancep dia malah terus nempel . . ( ooo orang ini cari temen . . .dalam hati saya) sampai di tol Surabaya , saya berhenti , dia juga berhenti di belakang saya .. ."Mau Kemana pak ?" seorang bapak yang di mobil tadi menyapa saya yang turun (pura2 cek mobil) " Ke Jember" kata saya, " sama keluarga ya ?, saya cuma berdua dari jakarta . . . " ooo bapak ini memang cuma berdua dengan istrinya . ., kita salaman dan langsung berpisah . . ,pas saya masuk lagi , yang di dalam pada nanya ' siapa pa?, ooh . . itu . teman lama saya, teman lama bapa . . .
yaa memang itu teman teman lama saya . .
pertemuan . . dan perpisahan . . dua teman lama saya . . .

Selamat mudik , selamat berkendara . . .hati hati . . . selamat bergembira di perjalanan dan selamat sampai tujuan . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih