Minggu, 28 September 2008

Belajar dasar ' Blues Piano" tangan pegel . . .





Nyambung David Bennet Cohen, yang mengajarkan dasar dasar Piano Blues itu. Kata dia Blues itu sederhana tapi enak ( iyya dia gampang! lha kita ?)
Yang saya rasakan ketika mengikuti pelajaranya adalah, tangan kiri pegal he he he, tangan kanan nggak mudah untuk sinkron !.he he he

Karena begini,
Tangan kiri berfungsi sebagai Bass dan pengiring sekaligus, coba lihat atau banyangkan Bass chord C adalah : Kelingking di C (1) telunjuk di F(5) dan ibu jadi di G(6), jadi posisi Bass C adalah 1,5,6. Telunjuk di 5 dan jempol di 6 sih biasa,tapi karena kelingking di 1 dan telunjuk di 5 kan terlalu jauh . .ini yang bikin pegel.
Posisi bass atau tangan kiri tetep seperti itu, jadi untuk C adalah 1-5-6, untuk bas G adalah 5-9-10 ( 5- 2-3) disebut 9 dan 10 adalah terusan saja, jadi jika di urutkan dari kelingking yang nongkrong di not 5maka telunjuk di not 9 dan jempol di not 10. Kemudian bas F adalah di 4-8-9 , jadi bas F dibentuk dengan variasi kelingking di 4,telunjuk di 8 dan jempol di 9. Nah inilah dasar "Shuffle Rythem" di blues kata Cohen.

Jadi yang dimaksud Bass dalam shuffle ini adalah menekan bersamaan :
Kelingking dan telunjuk kemudian bergantian dengan menekan bersamaan
Kelingking dan jempol, gitu saja bolak-balik, dalam semua chord ( C-F-G), C ya kelingking di posisi C (1) , F ya kelingking di posisi F (4) begitu pula G, ya kelingking di posisi G (5)


Tangan kanan minimal tetap,
Jadi ketika tangan kiri memainkan bas C, maka tangan kanan di Chor C dengan posisi 1-3-5 dimana jempol di 1, telunjuk di 3 dan jari manis di 5 kemudian posisi chor tangan kanan di gonta ganti antara yang tadi 1-3-5 dengan 1-4-6 ( atau chord F) dimana F ini dibentuk dengan jempoldi 1 kemudian jari manis di 4 , memang jadi enak . .

Nah itu semua baru atau masih dimainkan di tuts putih ( white note -wait not !) belum pake tombolyang hitam ( black note- blek not !) jika sudah campuran antara white note dan black noite biasanya banyak yang alergi . . (nggak ah gua nggak mau banyak hitamnya) karena mencet not hitam itu agak nggak enak dibanding mencet not putih semua . . he he he.

Ya sambilan lah, sambil belajar orgen kita sama2 belajar piano sederhana, iya nggak? iyya kan soalnya di orgen tangan kiri itu diam bukan sebagai bas tapi sebagai pengarah atau penentui chord, jelas lebih enak main orgen mah . . .

Kesimpulannya kita harus mau belajar mencoba, harus mau pegel terlebih dulu, harus mencoba mensinkronkantangan kiri dan kanan yang ternyata sangat tidak mudah. Saya yakin dengan kesungguhan belajar dikit-dikit kita akan 'terpoles' agak lebih bisa lah bermain orgen.

Selamat mencoba.
Sudah sampai di kampung ? ha ha ha asyik ya . . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih