Sabtu, 18 Oktober 2008

Hey . .gunakan 'octave' nya . . . .





Yeah ! . . he he he he
Belajar lagi . . . bapa, ibu . .

Octave . . . ya . . oktaf , ada dalam orgen tapi banyak yang jarang memfungsikannya atau bahkan tak perenah menggunakan kehebatannya.
Oktaf ya oktaf, 1 oktaf adalah satu deret dari C ke C, dari C1 ke C2, dari C2 ke C3 , ya itu dia oktaf. Tapi yang saya maksudkan disini adalah.

" menarik atau menggereser 'secara maya' tapi nyata posisi Note (ingat white note?) atau tuts sebanyak satu oktaf atau 7 note kemanapun, turun taua naik"

Lho kenapa ditarik dan digeser ?
Begini,
Kalau kita main orgen (yang baru belajar seperti saya) agar mudah mainnya kita jarang memainkan lagu dengan awalan chord yang bukan C, kenapa ?, jika kita main di E di F atau di Bb . . maka kesananya akan bertemu dengan banyak BLACK NOTE ! tombol hitam ! lho kok takut amat sih, susah tau !, menekan tombolhitam lebih susah dari pada tombol putih eh . . . mekekan black note lebih sudah daripada menekan white note !.

Naaahh, karena alasan ituu . . . .sering kita gunakan bantuan Transpose itu . . .jadi semua lagu mayor kita mainkan di . . C he he he he atau . . semua lagu minor dimulai dengan Am . . . . he he gitu . . . biar gampang . .

cuma . . . ini cuma . . .
Dengan menarik atau menggeser atau mentranspose akan mengakibatkan nada bergeser pula . . .
Contoh :
Lagunya dimulai di G (suara laki laki biasanya), tapi kita malas atau nggak bisa main di G atau nggak biasa main di G maka kita GAMPANGIN aja dengan tetap main di C tapi nada ada di G . . . nah caranya adalah kan dengan transpose . . .

Transpose dio balas dengan Octave
Jadi . . . .
Memang transpose itu penggeseran atau transposisi tangan kiri cuma jangan salah, semua kegeret atau kebawa, lihat gambar di atas jika lagu asli mainnya di G dan kita ingin memainkannya di C maka caranya adalah dengan mentranspose minus 5 ( -5) sehingga suara akan di G tapi tangan kiri tetap di C, akibatnya . . . suara tangan kanan atau melody akan tergeser ke kiri atau menurun sehingga melody (tangan kanan) bernada lebih rendah . . .kalau di gitar suara senar jadi nomer 3 ke atas . .

Bagaimana agar stabil lagi, atau agar kita mendapatkansuara lebih tinggi ?,
Naaah . . kita naikkan dengan upper oktaf . . . naikkin nadanya . . .kompensasi dengan oktaf plus . . .sehingga kebalikannya . . .
jika kita melakukan Transpose plus, atau menggeser ke kanan, seperti lagu di E kita tetap main di C maka artinya kita mentranspose +4 ( C > C#, D, D#, E = +4 , atau 4 langkah ke kanan). Akibat penggeseran ini suara melody , untuk untuk tangan kanan jadi naik, nada jadi meninggi dan terkadang jadi kurang enak suaranya, kalau di gitar seperti senar 1 dan 2 di daerah kanan (dekat body) padahal yang dibutuhkan suara senar 3 ke atas, maka kita perlu menurunkan oktaf.
Caranya ?
Pencet oktaf ke minus. Misalnya lagu Tenda Biru, lagu asli misal di Gm tapi kita ingin main di Am ,artinya kita mentranspose -2 ( Am > G#m, Gm = -2), nah jika keadaannya seperti ini, Intro lagu , Interlude dan Ending lagu pakai melodi dengan suara " Solid Guitar" maka kayaknya di oktaf lagi, nada gitar sudah rendah, jadi octave =0, tetapi jika kita masih ingin menurunkan supa lebih terdengat berat melodinya maka kita oktaf -1 . . .coba deh . . .

coba-coba aja terus . . .
Di YAMAHA, dalam hal tombol Transpose lebih enak, sekali pencet, plus atau minus langsung dapat, cuma . . . tombol transpose ada di kiri . . . coba . . jadi agak kagok jika lagu dengan jalan kita transpose, tombol oktaf justru sudah di kanan lihat gambar . . coba kalau di bali Oktaf di kiri transpose di kanan lebih cocok ( emang manusia . . . kapan puasnya . . .)

Di ROLAND tombol transpose ada di Kanan. . lebih bagus menurut saya, cuma harus dua kali pencet. tombol Oktaf ada di tengah atau di layar sentuh . . .

aduu, kepanjangan , sudah sudah . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih