Selasa, 02 Juni 2009

Me-' Make up' detail drum dan pekusi di Roland e50



hallo, bapak, ibu . . kita belajar lagi dikit dikit, biar nggak bosen nyanyi.

MAKEUP, APA ITU?
Di sini dimaksud adalah merubah atau menyesuaikan bunyi pada musik pengiring sesuai keinginan kita.
Kenapa begitu ? karena bisa saja musik pengiring (style) yang kita punya tidak balanced, tidak seimbang, ada yang terlalu keras bunyinya, misal gitarnya atau drum nya atau mungkin kita tidak suka bunyi alat musiknya. Misal pada suatu musik kita ingin merubah suara banjo dengan suara ukulele, ini gampang banget. Sory saya bahas hanya yang Roland type E ya. Sambil kita amerubah jenis alat musik kita bisa sekaligus mem-balance volumenya, reverb nya dal sebagainya. Tidak sabar menunggu paparan saya ? he he he, santai dulu . . .pemilu masih lama . . .

Me- make up suara dan jenis alat musik
begini caranya :

1. Keyboard (KB) ON
2. Pilih style yang kita akan poles itu
3. pilih tombol 'make up tools' ( kanan layar)
4. lalu layar berjudul' STYLE MAKEUP TOOLS'
5. LIHAT Panah di pojok kanan bawah (kiri-kanan) adalah untuk memilih INSTRUMEN musik yang mana yang mau di make up, drumnya ?, Bass nya?
6. Jika ya kita pilih misal bass, LIHAT kotak-kotak di tengah layar, sentuh (touch) yang dimaksud, misal volume, pan pot, reverb dsb.SESUAIKAN angka nya , jika kurang besar volume ya besarkan dengan MEMUTAR tombol DATA ENTRY (puteran pojok luar layar)
begitu seterusnya.
7. Jika ingin merubah jenis Instrumen, misalnya 'Fretless bass' mau kita ganti dengan' Jazz Bass' caranya dengan MENEKAN tombol di kelompok TONE (pasti, yang nyala merah di sebelah kanan layar), tekan , maka kemudian layar berubah menjadi deretan jenis bass.
8. PILIH dengan menyetuh layar tepat di jenis bass yang kita maksud. sudah ?
9. TEKAN tombol EXIT ( kanan bawah layar) maksudnya agar kembali ke posisi layar tadi (point 4), begitu seterusnya.
10. SENTUH di dalam layar tombol FREEZE DATA, lalu
11. SENTUH tombol SAVE, lalu layar berubah menjadi "SAVE STYLE", beikan nama baru untuk style yang kita otak atik tadi dan . .
12. EXECUTE ( pojok kanan bawah dalam layar)
13. sukses. . .finished.

MAKEUP DETAIL DRUM


1 - 4 sama dengan di atas
5. SENTUH tombol dalam layar "DRUM INSTR EDIT"
6. SENTUH tombol (kolom) yang agak panjang di tengah layar, ini kolom yang memuat"nama jenis drum set" apakah NATURAL drum ?, JAZZ drum dll.dan memuat NAMA INSTRUMEN dakam drum set itu, misal snare, tom, hi hat dll.
7. JIka kita sentu panah pojok kanan bawah (kiri-kakan) maka itu akan memilih "JENIS INSTRUMEN" yg akan kita otak atik, volumenya, gaungnya dll
8. Jika kita gunakan tombol putar( data entri, pojok kakan luat layar maka itu artinya kita MEMILIH PENGGANTI jenis instrumen yang dimaksud. jadi jika awalnya misalnya aslinya Jazz snare,kita akan meubahnya misal menjadi "Bongo up' bisa saja, putar terus, pilih kemudian balance atau sesuaikan volume dan lain lain

9 - 13 Sama dengan diatas

Ayo Coba jangan ragu apalagi hal makeup ini PALING SEDIKIT dibahas dalam buku manual sehingga saya tidak nisa menampilkan gambar-gambar dari Ebook Roland E50 saya, sedikit sekali dan kurang jelas.

Silakan pa . .bu . . belajar dikit dikit, santai aja . . .

mari . .


ASG - Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih