Minggu, 31 Januari 2010

Jika keyboard kita dipakai pidato dan tidak kita awasi, apa yg paling penting di OFF kan ?

Yes . . .
Kemarin keyboard saya yang dipakai ceramah . .  .
Lho? kok bisa sih?
Bisa dong bapak ibu, ingat , ini PSR 910, atau PSR 900, yang bisa difungsikan sebagai Ampli, sebagai In-Line-er, sebagi alat rekam . . ..

Begini,
Untuk acara rumahan, dengan PSR s910 kita tak perlu ampli keyboard, jika akan ada ceramah, atau sambutan-sambutan, tinggal siapkan Speaker aktif saja, apalagi yang standar, yang besar misal 15 inch.
Jadi tinggal colok mic ke port di orgen, lalu colokkan kabel dari Speaker ke out L/R di Keyboard, Jreng . . . bisa deh langsung mulai acaranya.
Kemarinpun begitu, ternyata saya ( bukan sayanya, Orgen -nya) ternyata sudah ditunggu tunggu untuk acara pembukaan, dimana saya memang tak diinform bakal ada acara semi resmi begitu. Datang jan 11.30 siang, langsung ditata langsung acara mulai, Pembukaan do'a dan seterusnya.
Cuma pada saat dipakai 'speak-speak' sih tidak ada kejanggalan, suara bersih seperti memakai ampli bermerek saja, puas deh hadirin dan panitia.
Cuma lagi . . .  karena acara 'bicara' ini panjang, jadi kita mundur deh dari orgen, ke dapur, eeeeh ternyata, anak anak menyerang, karena memang orgen di pasang di teras, dihalaman rumah, tanpa kendali, di pencet-pencetlah itu orgen ": jreng- jreng- klang-kling-klong", di cegah malah ada yang nangis . . .ok, saat itu selesai. beberapa waktu kemudian, lagi-lagi itu anak anak merangsek ke orgen, malah kali ini dengan kebetulan mematikan orgen !, acara' speech' terhenti, orgen di restrat, mic kembali harus di set. Jadi apa yang musti diNON FUNGSIKAN ?

3 tombol OFF kan
Ya, karena kita  tak mungkin meng Off kan keyboard, kan lagi dipake ceramah, dan di sana tak ada ampli yang bisa dipakai untuk nyolok mic, Jadi ya 3 tombol itu yang harus dimatikan.
Ia adalah, tombol fongsi suara tangan kiri LEFT dan 2  tombol fungsi tangan kanan R1 dan R2, matikan ketiganya, niscaya itu ceramah jalan terus dan orgen nggak bisa bunyi jika di pencet tuts nya, ya semua tuts nya, jadi acara ceramah tak terganggu oleh bunyi bunyi tangan yang iseng. ini yang biasanya kita lupakan kalau membiarkan keyboard kita tanpa pengawasan he he he.

Set mic, jangan lupa ke Thru
Ya, jangan lupa.
Ketika mic kita colok ke orgen, ia akan langsung nunjuk ke Men Choir ( suara paduan suara pria), di halaman pertama vocal harmony.
Ubah saja langsung sebelum dipakai nyanyi atau pidato tadi dengan cara
1. Tekan  Mic setting/ Vocal harmony - kiri atas dekat tombol ON/OFF utama
2. Tekan atau cari P7, atau page 7, halaman 7 lalu
3. Tekan atau pilih Thru (suara langsung- tanpa di encode)

sebab jika tidak, dan misalnya seperti saya kemarin, yang main keyboard bukan saya, tapi saudara saya, yang biasanya memakai type lain, tiba tiba acara diseling dengan sebuah lagu, maka suara yang keluar jadi aneh, kenapa ini, lho kenapa ini?, ya itu, karena suara si penyanyi akan di filter, di encode menjadi paduan suara . . . jadi, ya mudah saja lakukan tiga langkah tadi, pasti beres.

Sepele banget ya ceritanya, he he nggak apa apa, siapa tau ada yang belum tau . . . ya pak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih