Kamis, 28 Januari 2010

Player Keyboard Telkom Divre II Jakarta, Asep Sobara : "Saya kalah jauh sama anak baru yang pinter-pinter "


See original in MYBLOG 

Kali ini saya ingin ngobrol dengan seseorang, yang dulunya jago gitar klasik, sekarang pindah dikit, jadi jago orgen, Ia adalah Asep Sobara (45), saat  ini masih karyawan PT Telekomunikasi Indonesia ( Telkom), Divre II Jakarta. Inilah petikan obrolan saya bersama pak Asep ini.

Gitar klasik kapan mulainya?
tahun 79, kursus di Gelanggang Remaja Bandung, saat itu fee nya 1.000,-/ bulan !, sribu !, kemudian tahun 1981 Belajar gitar classic di Sanggar Music Bandung selama 2 tahun, saat itu bayarnya 2.500,-/ Bulan, gila juga, coba kalau sekarang, Asep mengenang, katanya saat itu dari 20 murid jadi tinggal 2 orang, hingga jadi assisten untuk tingkat pemula dan saat itu jadi gratis biaya kursus.


Kalau Keyboard kapan mulainya ?

Saya, kata Asep mulai belajar organ otodidak, translate dari gitar ke chord organ.
Tahun 1988 pertama belajar Piano di Cordovox Jl.Braga Bandung, 3 bulan, karena bosan baca not balok akhirnya berhenti juga.1989 Kursus Piano classic lagi di YPPM ( Yayasan Pusat Pendidikan Musik) Jl.Soka Bandung, merusin yang dulu. lalu ,1990 Belajar Piano JAzz 3 bulan di tempat yang sama, yang ini jrang pake not balok, jadi langsung belajar fingering, scale, guide tone, 3-5-1, scale dorian, locrian. myxolidian, ionian dll. lupa lagi, terus belajar melodi dengan 12 kunci, belajar melodi mayor blues, minor blues dll. adapaun kalau chord, m7, m9, m9-5, 9, May7, May9, May11, May13 dll.
Th. 1991 belajar lagi Jazz di Yayasan Musik Nasional 3 bulan juga sambil ngelanjutin dahulu, yang ngajarnya jago banget yaitu Buntoro Nugroho, adiknya Bambang Nugroho pemain Bhaskara.
Kalau belajar piano sampai masih grade 2 kalau nggak salah, maklum bosenan, kalo gitar sampai grade berapa ya lupa soalnya nggak pernah ikut ujian ( he he h he) , yang ada di Yamaha kalo mo ujian. tapi waktu itu saya udah bisa bawain lagu Requerdos De La Alhambra, Lagrima, Adelita, Capricio Arabe, Romance De Amor, Song For Anna dll.  ( walah , apaan tuh ? he he he he)

Nah kalau Orgen, Keyboard sejak kapan?

Yah Kalo mentas mah kan dari jaman agustusan mulai dari RT ke RT, itu juga kan bareng Asep ( Sayagiri maksudnya he he he) , Juli dll. terus main di ITT ( Institut Teknologi Tekstil- Bandung- asg), bawain lagu-lagu bimbo kalau tiap bulan Ramadhan dalam acara Nuzlul Qur'an. Lalu selam kerja di Sumedang ( 25 km timur Bandung ) saya gabung sama temen-temen HAPMI Sumedang, itu masih band terus belum musim solo organ, kalau dapat job pas kampanye partay  ****** deh, udah keliling kecamatan tuh tiap hari.. ( mantep dong- asg).

Pengalaman yang paling teringat, salah satunya?

Pernah mengiringi Rossa waktu kecil ( Rossa, saat ini salah satu Diva Indonesia), Ketika saya di HAPMi Sumedang kan saya kenal dengan Kang Ukas bapaknya Rossa, sama Ibunya juga saya kenal. Kalo saya lagi mentas, dia suka dibawa kang Pepep untuk ikut nyanyi lalu saya iringin deh, tapi inget waktu itu, kalau Rossa mau nyanyi irngan band harus perfect banget, solanya kalao saya kan suka kan maen tembak aja intronya ( waduh ini penyakit saya- asg), interludenya, soalnya kan nggak apal semua lagu, tapi kalo soal penampilan Rossa dari kecil juga sudah ngartis deh, keren... abis.


Di Telkom Divre II sendiri ada berapa orang player?
Di kantor saya sih banyak player, tapi mencar, ada yang Jakarta utara, selatan, pusat dll. tapi semua saya kenal.
Sering juga main di Kantor ? ( ya pasti deh . . . asg).    
Sering juga sih, sampaii saya catat waktu, dan tempatnya dan honornya juga ( he he he he . . . . asg)..
Menurut Asep, Yang enak main orgen itu dimana ? 
Sebetulnya kalau main di panggung besar saya suka minder, apalagi kalau ada saweran, takutnya ada lagu yang tak bisa dimainkan dengan baik, tapi kalau main bersama band kan lain, jelek tanggung bersama he he he.Nah yang paling enak di acara-acara gathering karena kita main nggak terlalu fokus dan sedikit nyantai, seperti ngiringi makan siang atau makan makan malam. yah itu tadi sama bapak-bapak ibu kan enak pasti lagunya sejamanan dengan kita ( oldies maksudnya- asg).

Pernah megang apa aja?
Pengalaman saya masalah Keyboard, saya pernah pakai Technick dari KN-1000,1200, 2000, 3000, 5000, 6000 dan 7000 dulu waktu pertama ada  kayaknya enak banget, canggih pertama ketemu KN-2000,
tapi setelah ketemu Yamaha PSR-640 dan PSR-740 saya mulai melirik dari Stylenya agak cocok buat orang kita....kemudian saya pakai PSR-1000,1500,2000,2100,terakhir pakai PSR-3000 pernah nyobain PSRS-900 enak juga tuh, untuk mentest soundnya saya cuma test style slow bossasnya aja, apakah bassnya keluar apa enggak, soalnya lagi saya pakai PSR-3000 slowbossasnya agak cempreng ( tipis suaranya- asg) enakan slow bossas yang ada di PSR-2000. makanya saya copy style PSR-2000 di SmartCard untuk dipakai di PSR-3000
Kemudian saya juga pernah pake Korg dari I3, i4S, PA50 dan PA 80 yang saya rasakan dari type Korg ini untuk Tonenya bagus tebel lah, tapi untuk stylenya rada-rada bingung, pernah saya lagi main Korg i4s butuh style Slowrock nggak ketemu tuh ada dimana, maklum make organ punya orang. tapi untuk lagu-lagu dari America dan Arab banyak yang cocok pakai Korg ini,
Untuk Roland, saya pernah pakai E-30 lagi di Sumedang kemudian E-56, E-86, G-800 dan G-1000 yang kalo nyimpan data di Zip drive 100Mb. Roland bagus juga untuk suara Piano, Piano Elektrik, Strings dll. cuma ya itu stylenya, kalau saya cocokan Yamaha. ( agak agak sama niy . .asg)

Ada Obsesi lain tentang Organ, Keyboard?
Dulu saya pengin punya keyboard, tapi nggak kesampaian, Dulu sering teman teman menjadikan saya referensi kalau mau beli keyboard, padahal saya juga masih nyobain yang mana yang paling cocok he he he . .
Kalo inget jaman dulu selagi pengin bisa organ,  saya pernah beli organ mainan anak-anak yang tutsnya berwarna di Toko King ( Cicadas- Bandung -asg)Rp. 8.000,- kalau nggak salah, dari situlah saya pindahin dari kunsi gitar ke organ, hingga tahu A minor, B Minor dll.
padahal kalo kita bongkar organ itu isinya apa coba?...kaya harmonika yang ditaro didalam lalu ditiup pake kipas kecil...he he. ( info saja: orang Cicadas angkatan 80'an pasti tahu toko (buku) King-asg)


Sekarang sering pake apa?
Kalau saya pribadi seneng Yamaha PSR, karena stylenya cocok aja dengan hati, tapi saya juga penasaran pingin nyoba Korg PA500 dan PSRS-910..
Kapan anda pake MIDI di panggung?
Sering sih kalao lagunya nggak tahu saya pasang lagu-lagu dari MIDI, apalagi lagu anak-anakband sekarang kan susah nyari style yang cocok.
ngomong-ngomong masalah MIDI, saya jadi ingat dulu lagi pertama belajar MIDI di DKSB (Depot Kreasi Seni Bandung- sorry kalo salah asg) nya Harry Roesli (alm.) di Jalan Supratman Badnung. saya kan pernah belajar disana, waktu itu Keyboard nya Roland D10, terus Sound Module dan Komputer XT yang kecepatannya masih 16 Mb, pokoknya jadul banget, waktu saya baru tahu itu apa itu MIDI, track, quantize dll.Tapi saya mah dasar bodo nggak nempel tuh ilmu.( hue he he he . . asg)  padahal kursus MIDI disana 3 bulan.

Sebanyak apa style yang Asep siapkan untuk manggung?

Kalau style ayng sering dipakai paling Lovesong, 16beat, Slowrock, Bossas, Rhumba, Reggae, Chacha, Beguine, Country dan Swings, tapi untuk style tambahan paling dangdut, koplo, campursari, campursari, pop sunda, dan jaipong

Ada lagi yang pernah anda coba?, orgen lain?
Syntesizer yang pernah dicoba Roland Alpha Juno 1000, D5, D10, D20, D50, D70, JP1000, dan XP50
 Untuk Yamaha DX-7, DX-9, DX-11, SY-55 dan SY-77, Untuk Korg M50 doang. Untuk Casio CZ-1000, kalu technich mah belum pernah, Untuk Piano Electric Roland type HP101, Clapinova juga pernah, cuma semuanya pernah doang...( he he he he , tapi kan pernah . . gak kayak saya- asg)


Cita- Cita yang belum tercapai di Orgen?
Cita-cita saya pingin punya piano Akustik Yamaha U3, dan Yamaha PSRs910, kalau Piano Electric saya pingin punya Roland RD-700. ( tenang . . . sebentar lagi tercapai kok- asg)


Terakhir nih, siapa saja yang pernah anda inringi ? yang ada namanya begitu . .
Rossa,  Nining Meida AS. (Pop Sunda) ,Ina Rawie (Rock),Dewi Purnama, Sali Saleh (Penyanyi Sunda),Nova Mardiana (pop Sunda),Riska Prorina (pop sunda), Riana Masrie (pop)
,Bu Ana (penyiar TV Bandung), Bu Bariah (pelawak), Memet Mini (pelawak), Laelasari (Rock)
Wenny Widia (Artis Bandung), Ani Kusumah (Japras)Fifi Efendi, Diana Nasution (pop), Tina Roy (pop)
Merry Christina (rock), Betharia Sonata (pop),Reni, Cut Yanthie, Mila Rosa(dangdut), Rina Octarina(dangdut),Okky (juara Asia Bagus, Elke (Juara Asia Bagus),Fajar Bahari (dulu penyanyi anak-anak)
3 Bintang Idola (penyanyi anak-anak) siapa aja anggotanya lupa deh..,Yana Yulio (Elfas Singer),mDessy Paradiba (dangdut),Lenong Bocah termasuk Okie Lukman lagi kecil dan temennya satu lagi (lupa)
Nouval (Kring O la la,Urip Arphan (duplikatnya bang benyamin),Adinda (dulu sih sering ada di sinetron TV Bandung), Pak Mario (Yg pernah duet sama Farid Hardja dan Anis Marcella),Hasan Gradasi (Nasyid Gradasi dll. ( boooooo, banyak juga . . . .asg)

Itulah pemirsa, saya selalu kangen sama Asep yang satu ini, karena dia adalah teman sekampung saya, teman SMP saya di SMPN 14 Bandung, teman pertama saya membuat grup trio dulu, saat SMP, teman saya membuat group Country dulu waktu SMA, dan tempat saya sharing  ketika belajr membuat lagu waktu masih SMA di bandung, bahkan adiknya Asep ini , Ganjar Noer (Perhimpunan Penyanyi Ballada Bandung) , sampai saat ini masing inga lagu-lagu saya jaman dulu he he he he . . .thank you nJar !
Bahkan yang takkan saya lupakan juga, Piano (electric-ada mejanya- berat !) Asep ini pernah saya pinjam, digotong ke rumah saya dan dinaikkan di panggung 17 agustusan di RW saya sekitar tahun 80an.
Sekarang sih sudah agak susah untuk main bareng, Asep terlalu sibuk betulin telefon se  Jakarta he he he he

Semoga, sukses terus !

3 komentar:

  1. kalo akang yg satu ini mah saya kenal... imajinasinya luar biasa....

    ngomong2 kang asep punya mp3 BIMBO basa sunda...?? kalo punya share dong.....

    BalasHapus
  2. he he salah nama jadi anonim he he

    Naah, ini Asep mana nih, Asep Sobara atau asep saya ?

    BIMBO SUNDA ?, gampang . .ini ada sebagian dari temen saya Kang Aji, sok di sedot sajah dari sini haratiss
    http://siliadji.blogspot.com/2010/05/pop-sunda-baheula.html

    BalasHapus
  3. pak Asep, lebaran kamana aja??

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih