Jumat, 22 Februari 2008

Setting sebelum main Orgen, Keyboard

Belajar bersama lagi yuk !? yaah, meskipun dikit dikit juga gak apa apa, kita kan bukan profesional . . .
Bayangannya begini.
Kita datang ke suatu tempat, disana disediakan Orgen/keyboard oleh teman atau tuan rumah, dan orgen nya sama mereknya dengan yang biasa kita pakai, nah pertama kita harus melihat settingan yang sudah ada di orgen itu dulu, lalu jika tidak cocok baru kita sesuaikan, setel lagi.

Karena kebetulan saya pengguna Yamaha maka dalam hal ini saya ceritakan kebiasaan saya dengan pasangan saya, ya si Yamaha itu.
Setting atau menyetel orgen ini dimaksudkan agar kita dapat lebih mudah dan lebih cepat bergerak memilih tindakan yang diperlukan untuk memaksimalkan penampilan permainan kita. Dalam bahasan terdahulu saya sebutkn bahwa suara yang kita dengar dari sebuat permainan orgen adalah bersumber dari style, melody di tangan kanan, multipad sebagai accesories dan hasil efek dari fungsi lain misalnya pitchbend, yang membengkokkan suara.

Kita setting yang tetap dulu seperti
Foot Pedal misalnya, jika pake, biasanya pedal ini tetap tidak perlu di set.
Harmony, efek perpaduan suara melody ( tangan kanan), apakan jika kita menekan tombol harmony untuk melody akan keluar suara 1 dan 2, atau suara 1, 2 dan 3 atau akan bergetar seperti petikan mandolin? atau akan keluar suara paduan senar 1 dan 5 ?(pada suara gitar), ini kita setel dulu.
Memory suara melody, meskipun di bagian kanan orgen sudah ditaburkan tombol tombol jenis suara yang bisa kita pilih kapanpun, tetapi kita ingin lebih cepat lagi berganti ganti suara tanpa mengingat ingat tombol mana yang harus kita tekan. Maka suara yang menjadi favorit kita kita bisa kumpulkan di memory suara yang dalam Yamaha biasanya di jajarkab di bagian tengah orgen di bawah layar lcd.
(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih