Minggu, 23 Maret 2008

Fungsi Transpose dalam orgen/ Keyboard - Memudahkan dan menyemangati,(dalam gitar = CAPO)

Haloo . . . . .biasa . .kita belajar bersama lagi . . . .iyya , ini hanya untuk bapak bapak dan ibu yang sedang belajar orgen bukan untuk para jago keyboard dan suhu (lagian gak mungkin mereka baca ini ha ha ha . .). ::foto :tgxpromo.com::
Sodara - sodara, di setiap orgen atau keyboard (yang standard-lah) selalu tersedia tombol transpose, itu lho yang fungsinya menaikan dan menurunkan posisi seluruh 'tone'.
Kalau anda biasa main gitar akustik, nah CAPO atau alat jepit senar yang dipasang di gagang gitar untuk memudahkan kita naik (dalam gitar), jadi jika si 'capo' kita jepitkan di 'fret' ke-2 atau maju ke kanan 2 plong maka jika kita memegang chord(grip) C maka bunyinya adalah D.
Di dalam orgen itu sangat mudah, bukan di jepit lagi , kita tinggal tekan tanda + dan (-) saja, Sehingga jika kita posisiskan transpose di angka 2 maka ketika kita menekan chord C, sebenarnya kita sedang membunyikan chord D, mudah kan ?

Beda pendapat tentang pemakaian fungsi Transpose
Ada yang berpendapat, jika kita sering menggunakan fungsi ini maka kita akan 'terlena' , gak akan bisa-bisa belajar orgennya, karena katanya kita hanya akan terus main di chord C, maksudnya semua lagu yang ber-chord major kita selalu main di C , dan yang ber-chord minor selalu main di chord Am. Iya juga sih . . . . untuk mudahnya bagi para pemula (seperti saya ?) main di C adalah mudah karena dalam melody dan chord jarang menekan tombol yang hitam, jadi enak . . mudah . . . .
Tetapi, jika kita yang sedang belajar ini harus bermain seperti para pengiring di TV , siapa pun itu misalnya Dian HP, Andre , Purwa dan lainnya ya pusing lah . .




Tapi, saya lebih berpendapat begini.
Kita yang sedang belajar harus mendapat semangat dari kebisaan kita menyanyikan banyak lagu dengan mudah, bukan dengan susah payah, kita yang sedang belajar harus 'dapet enaknya' dulu biar semangat, coba misalnya jika bapak-bapak belajar orgen dan ketika ingin mempelajari lagu "pilu' dari Panbers harus mulai dengan chord 'Bb atau Bes" dimana suara itu paling pas di suaranya Beny ( lihat posting saya tentang Beny ini ). wik ! ? hape deh . . . . ( cepe deh . . .)
Jadi . . . kalau memanng mau begitu . . . transpose saja
tekan tombol transpose ke -2( minus 2), lalu anda main di C , jadi deh anda mengiringi Beny panjaitan di chord Bb atau Bes !.
Nah nanti . . . . nanti jika kita sudah lebih familiar dengan orgen ini , baru kita coba main di chord aslinya, seperti si artis mainkan, buktinya saya sudah (agak he . .he . .) bisa, nonton acara TV, misalnya celeb concert Indosiar, orgen dalam posisi on, main orgen , ikuti lagu lagu mereka bisa juga , bisa !
Saat acara, star comet, Emilia contesa bilang : "coba mbak dian (HP) turun satu, kita juga ikuti turun satu, maksudnya kalau main di D turun jadi C.

Ambil contoh seperti ini, lagu bengawan solo misalnya, karena di kaset si penyanyi menyanyikannya di chord 'D' maka kita juga harus main di chord D !, nggak lah. Di gitar bisa memakai capo, majukan capo dua fret ke arah lubang gitar, pasang jari di posisi C, jadi deh itu chord D. Dalam orgen lebih mudah lagi, tekan tombol transpose ke +2 (dua plus) lalu tetap jari di posisi chord C, jadi deh suara yang bunyi di D.

Ada seorang teman ( Benny, dimaka kau !) yang beberapa tahun turut bermain dalam sebuah grup band asal Philipina berkeliling Asia, kata dia , itu grup benar benar sangat kaku, bahkan kata dia banyak sekali grup Philipina begitu. Kalau Michael Jackson main di F# misalnya maka grup itu harus sama main di chord itu atau kalau Mariah Carey man di C# maka band main di situ juga, gilanya yang nyumbang (khusus) harus sama di situ juga . . .Iyyaaaaaa sih bener tapi yaaa gimana gitu. Ya, tapi gitu kali ya kalau band profesional.

Contoh saja ya : bengawan solo di C
G7 . . . . . . . . . . .(C -C7-F) . . . . . . . . .G7 . C
- - Bengawan solo - - - - - - riwayatmu ini

. . . . .A7 . . . . . . . Dm . . . . . . G7 . . . . . . . . C
sedari - - - - - dulu jadi perhatian insani

jadi kalau kita harus main di D, susunan chord akan menjadi

A . . . . . . . . . . . . . (D-D7-G) . . . . . . . . . . . .A7 . .D
. . . . . .B7 . . . . . . . . . . Em . . . . . .A7 . . . . . . . . . .D

Dan seterusnya.

Sebuah kasus Orgen Tunggal-OT
(kasus paling aneh yang saya temui di Per-OT-an)
Saya menghadiri sebuah resepsi pernikahan di bekasi, Saya setengah dipaksa oleh panitia diminta nyumbang lagu, padahal sedang kurang mood, karena sepertinya grup OT ini 'sangat terbatas'. Akhirnya saya naik panggung,
" mas lagu ona sutra " kata saya
" aduh maaf mas nggak ada yang hapal" jawab si pemain.
" Begadang deh dari Oma Irama " kata saya
" aduh gak ada style nya" jawab si pemain . Dalam hati saya 'Ok deh'
" sakit gigi " kata saya " oh ya , dari pada sakit hati, lebih baik sakit . ." seru si pemain

Jreng ! orgen mulai, saya merasa chord terlalu tinggi, " sory mas , terlalu tinggi, turunin deh " kata saya ,
" waduh mas , biasanya disini mas " sergah si pemain
" Transpos aja " kata saya
" Maaf mas saya gak biasa transpose " , gak biasa ?, oh my God ! dalam hati saya . .
" Ok deh saat ini batal dulu mas, ntar saya cari lagu lagi " Kata saya . . .Tidak jadi nyanyi !. Teman dan tetangga pada bertanya, kenapa tidak jadi nyanyi, saya bilang saya cari lagu dulu yang lain, sambil pamitan pulang, istri saya, yang tidak bisa orgen berkomentar " berani sekali orang itu manggung" (mudah mudahan lancar dia main dan si' sohibul hajat'/ yang punya hajat tetap puas dengan penampilannya).

Posisi tombol Transpose dalam sebuah Orgen/ keyboard
Banyak yang berpendapat, termasuk saya yang setuju bahwa tombol transpose sebaiknya di sebelah kanan (untuk tangan kanan), karena anda bisa lihat tombol ini tertancap di sebelah kiri.
Kekurangannya adalah :
Karena transpose juga gunakan di tengah lagu, misalnya saat 'over tune' maka, jika tombol itu ada di kiri, ketika mau over tune tangan kiri harus lepas dari tuts untuk menekannya, akhirnya ;agu terganggu. agar hal itu tak terjadi biasanya tangan kanan' nyebrang ke kiri ', kalau orang yang biasa main melihat kita, jadi agak aneh juga, tangan kiri' nancep' tangan kanan 'nyilang'

Jadi, alangkah indahnya jika tombol ini berada si bagian kanan orgen agak dekat dengan tuts orgen kita. Coba cari orgen mana yang tombol transpose nya sudah di kanan.

16 komentar:

  1. Saya menyukai keyboard tapi masih pemula, saya senang dengan tulisan2anda, yang ingin saya tanyakan soal transpose dari C ke Bes apakah
    bukan dinaikkan 10 semitone mengingat lagu Panbers terkenal dgn lengkingannya/nada tinggi. Maaf kalau salah.

    BalasHapus
  2. mudahnya, turunkan -1, main lagi di C
    begitu menurut saya.

    BalasHapus
  3. saya masih sangat pemula, beli keyboard murahan tuk belajar, kata penjualnya sudah ada transpose nya, saya sih tertarik aja dan tidak tahu sama sekali apa itu transpose. tadinya saya bingung, namun setelah membaca artikel anda saya sudah paham, teruimakasih sharingnya. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. saya pemain organ sangat...sangat... pemula,dan belum tahu apa2....,saya sangat menyukai video anda karena menurut saya mudah untuk di pelajari.nah yang saya ingin tanyakan bagai mana cara mencari chord sebuah lagu...misalnya lagu itu mulai dari C.,saya bigung cari kelanjutanya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurnia, trimakasih sdh mampir.
      Menurut saya kepandaian mencari chord sendiri itu akan muncul karena beberapa hal, misal karena sering mencoba lagu2 sehingga tau jalan chord sebuah lagu (baru sekalipun) ditambah dengan getaran talent yang ter-asah dan mungkin semakin menguasai dasar2 chord ( ada org2 yg buat di youtube). Nah semakin anda sering mencoba lagu2 semakin tau dan ketebak abis ini pindah ke mana, jadi familiar dengan bentuk lagu2, Ebiet seperti apa, Rinto seperti apa, Pance, Obie, Crisye dll lama kelamaan ketebak. Chma, yang membedakan adalah kepekaan dan TASTE dan STYLE si player, gaya jalan chord si player.
      Itu singkatnya menurut saya.\

      makasih

      Hapus
  5. keren mas bossss...saya dah download video anda di youtube. sangat bermanfaat. tanks terimakasih matur suwun

    BalasHapus
  6. wah ini baru pmusik sejatii,,,hee,bang sya mau tanya knpa ya psr saya transposenya gak fungsi untuk style tpi fungsi buat tutnya gmna ya solusinya

    BalasHapus
  7. mkasih udah nambah wawasan bagi pemain kibod pemula

    BalasHapus
  8. bang klo style hasil dari download, bentuk format di komputernya apa y???

    "harap maklum masih blm tahu apa-apa"

    BalasHapus
  9. Saya pengen ngobrol dekat sama abang ini...semoga suatu saat saya bisa bertemu beliau...sehat n bahagia selalu..

    BalasHapus
  10. Abang ini banyak amalnya...semoga sehat dan bahagia selalu...saya udah liat video2nya d youtube...ikhlas dan bersemangat kasih share main kibod...sayangnya beliau d bekasi saya d bangka...pengen ngobrol dan ketemuan...tks

    BalasHapus
  11. Sangat mencerahkan sekaliii..... like it so much

    BalasHapus
  12. Luar bisa ini info...
    dan saya juga pemula di orgen, kebetulan saya memakai yamaha jadul PSR 740 tiap saya transpose bisa, tapi kenapa setelah saya pencet Memory Bank atau OTS kembali normal cord nya
    mungkin ada para master yg tahu solusinya sebelumnya terimakasih...

    BalasHapus
  13. Mau tanya untuk transpose ke nada D E F G A B itu nmor brpa aja..saya biasa main d C aja

    BalasHapus
  14. Sya rasa buat saya yg pemula tp hobby musik paparan dan channel youtube anda sangat sederhana dan gampang di mengerti meski kdg msh salah di praktekan mungkin mood sya..so is good...lanjutkan.

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih