Selasa, 24 Juni 2008

Roland E 50 vs PSR s900 - Sound and style

Sound and Voice
Roland tampaknya tidak mau memusingkan kita dalam soal sound, jadi yang di muat di preset sound adalah sound pilihan Roland. Jika kita buka (ada di menu) maka keluarlah ratusan sound roland yang disembunyikan itu, termasuk suara akessorinya yang tidak ada di PSR S900 seperti suara orang bilang' Bap!, ' One! dst' suara mobil lewat, langkah kaki, kucing, anjing gonggong, anjing gerem, applaus, "Hai !' ,' 'phau!' berbagai suara bel, gamelan dan ANGKLUNG ! realy suara angklung ! (sory ya soalnya saya pernah jadi team angklung saat di SMP 14 Bandung dulu . .1979 tua ya he he . .) dan banyak lagi yang tak diduga, itu adalah suara kumpulan dari Roland jaman dulu. Kita bisa meng'off'kan suara itu lagi jika tak suka dang bingung milih nya. Jadi sound Roland E 50 lebih banyak dari Yamaha PSR S900 menurut saya.
Oh ya, suara drumnya ditambah Indomix 1 s/d 3 , kalau di PSR seperti arabic lah, tapi di Roland ada yang agak 'duut' yaitu Indomix2.
Style (musik pengiring)
Sangat berbeda, Roland adalah hampir segaya dengan Korg dan Technics, Yamaha beda sendiri. di PSR, aturan style dibuat lebih sederhana dan mudah, jadi tombol dideretkan dari mulai ' Intro 1. 2,3 lalu Variation A,B,C,D dan ending 1,2 dst. sekedar gambaran bagi yang belum biasa, 'Variation atau Main' adalah pendekatan irama, Var I untuk awal lagu, Var 2untuk bait ke 2 (verse), Var 3 untuk penyambung (bridge') dan Var 4 untuk irama Ref. (chorus). Fill in atau 'kocokan' di PSR adalah sama, jika dari bait mau ke ref. maka otomatis drum atau musik akan me'rofel' dan naik ke Ref. begiru juga jika turun, misla dari Ref, mau kembali ke bait pertama maka 'pukulan drum dan musik' akan menggunakan fill-in yang sama jika kita mau naik dari bait 1 langsung ke ref. Jadi jumlah Variasi total = 4, Fill-in 4
Di roland sangat berbeda !,
Roland sepertinya menganggap kita adalah tidak akan puas dengan permainan yang sama setiap Chord, jadi di Roland 'BISA' dibuat berbeda setiap grup chord. Begini,
Chord dibagi 3 grup, yang 'MAJOR', MINOR dan '7th, jadi jenis pengiring bisa kita buat berbeda ketika kita menekan formasi chord berbeda, misal : lagu' Sakit Gigi - Megi Z/ Obbie Mesakh

Alt -1 Dm . . . . . . . . G. . . . . . .C . . . . . . . . . . . .Dm . . . .G . . . . .C
Alt-2 Dm7 . . . . . . . G7 . . . . . . C . . .A7 . . . . . . Dm7 . . . G7 . . . .C
. . . . . Rela rela rela aku relakan . . . . . . . rela re- la rela aku rela

Dengan lagu yang sama chord beda maka irama akan beda, di Roland, jadi musik semakin kaya, memurut saya, apalagi di dangdut, akan sangat terasa perbedaan menekan C dengan C7, di Yamaha musik akan tetap sama meskipun kita memencet chord D,D7, Dmt, DM7 dll sama, di Roland tidak. Jadi di roland ada berapa variasi 'Main' (Va1x 3) + (Var2x3)+ (Var3x3) + (Var4x3) = 12 variasi belum fill -in nya.

Di Yamaha, jika kita mau naik dari Variasi 1 ke Variasi2 maka 'ropelan'atau 'kocokan'nya sama dengan jika kita mau turun dari Var2 ke Var1, di Roland malah bukan disebut Fill-in tapi disebut fill-up dan fill-down, ini dia jadi kita lebih bisa ber kreasi banyak.
Jadi jika kita mau naik dari bait 1 ke ref maka yang bunyi adalah fill-up dan jika sebaliknya maka akan bunyi suara fill-down nya, beda. Jadi jumlah fill in di Yamaha PSR s900 adalah = 4, di Roland adalah :
(fill-up1x3) +(fill-dwn1 x3) . . . . . . . . . . . = 18 fill in ! gile . . . di Yamah hanya ada 4 saja, cukup sih, banyak-banyak mumet juga pake nya, dan bikinnya. Ok ,nanti saya ceritain lagi deh, ya, mudah2 an manfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih