Selasa, 30 September 2008

Malam ini benar-benar malam kemenangan kami . . .dan style Bedug saya buat (Kalau di Jember ada Patrol). . .







Terkadang saya heran, seperti sejak tadi sore . . . rasanya saya tidak tinggal di kota Bekasi, tetapi tinggal di Bandung atau di sekitar Dinoyo Malang (Jatim), kok begitu?
Sejak tadi siang, sore, cuaca sangat cerah dan temperatur sejuk sekali, sesekali angin kencang meniup sisa cucian baju terakhir sebelum lebaran besok. Saya jadi ingat Bandung . . atau Malang . . tapi saya di Bekasi, kota Patriot !.

Tadi, Saya masih wajah wajah panitia Ramadan Masjid kami agak letih, bahkan hampir semuapanitia remaja bergetakan di lantai diantara beras-bersa yang telah siap dibagikan. Malam ini 30 September 2008 raut muka panitia terlihat lebih sumringah, lega, karena sebagian kewajiban membagi Zakat sudah tuntas tas . . . ., tinggal sisa nya untuk para musafir, pendatang dari daerah sekitar, Yayasan-yayasan yang juga yang mendatangi masjid, para abang becak dan ojek dll.

Lebaran ini saya di Bekasi, tahun lalu di Jember (Jatim), tahun depan di Jember lagi . . . biasa . . giliran . .
Malam takbiran seperti ini 35 tahun lalu adalah bak malam tak berbatas . ., karena setiap malam lebaran seperti ni orang tua saya emembebaskan saya bermain dari siang hingga subuh !, semua pintu tak dikunci sepanjang malam, sehingga saya tak khawatir'dikunci' (he he he), yaah, semalaman bersama teman teman begadang, sebentar masuk masjid ikut bapakbapak takbiran, kemudian jalan jalan lagi sambil "nyuri jambu" tetangga . . ( hua ha ha ha ) unik sekali karena tak satupun pemilik pohon jambu itu memarahi kami meskipun mereka tahu kami nyolong jambu . . malam itu malam khusus . . malam bebas . .malam kemenangan . .

Data Transparan
Panitia mengerahkan infocus yang dipasang di dekat meja penerimaan zakat, sehingga para muzaki( yang berzakat) bahkan mustahik (yang menerima zakat) biosa melihat data dengan jelas. Para remaja masjid menghandle data dengan prefesional . .ooo . .great !

Anak anak saya
Seperti malam ini . . . untuk anak-anak saya adalah malam bebas . .dan saya bebaskan . . seperti saya dibebaskan oleh orang tua saya . . .
Sekarang ada sekitar 10 anak main PS (Play Station) di rumah saya . . .sementara TV ramai menampilkan acara parade artis mereka lewat ! iyyaaa boleh . . bebas aja, sekali tiap lebaran . . .habis itu ngluyur lagi , jalan jalan . . . tapi nggak nyuri jambu seperti saya he he he he . .

Yaaaa, puasa ini juga rekor baru bagi keluarga saya, karena tak seharipun dalam bulan ini yang lewat dari es Blewah . . tiap hati . . . saben dino . . unggal poe . . ess blewah . . . . .( ck ck ck)

Buat style Bedug di Roland E 50 . .

Tadi sore saya kepikiran membuat style bedug, ya style seperti orang nabuh bedug tapi agak berirama . . begini

1. Saya pilih style lagu dangdut 'kumbang-kumbang' ( yng menurut saya pas lah . .)
2. Pilih Menu, lalu style composer 3. Pilih 'Main-1, lalu pilih Acc.3 ( atau mana saja yang kosong)
4. Pilih atau isi dengan PAD (bukan gitar atau yang lain), pilih susra DHOLAK 1 (page 25)
yang memang suara bedug atau Dulag (sunda)
5. Tekan Rec. ( karena track kosong) isi "measure length dengan '2' dan

6. Start lalu mulailah memukul bedug . . .

7. Ulangi untuk mengisi track ACC 4 dengan suarra WOODBLOCK ( page2)

8. Save . . . jadi deh irama bedug atau Dulag atau Dholak tadi . . . .


Patrol saat malam takbiran di Jember . . sangat unik
Tahun kemarin, 2007. malam lebaran di Jember (Jatim).
Biasanya sejak sehabis magrib, di depan rumah saya sudah parkir truk (colt diesel) yang akan dipakai takbir keliling kota Jember. Peralatan Patrol, sound system dimuat ke dalam truik dengan poosisi siap tabuh .Usai Isya barulah para pemain dan penyanyi juga tukang takbir bersiap naik truk dan mereka berjalan menyususri kota jember bersama perwakilan dari tiap desa atau kelurahan.

Patrol ini Kentongan berbentuk Gendang, tetapi di dalam nya ada 'per' sehingga kalau di tabuh akan menghasilkan suara sangat nyaring, mirip kentongan, tapi lebih 'lonjong bentuk suaranya" kalau suara kentongan masjid suaranya "pipih dan tipis'. Patrol terdiri dari beberapa ukuran, minimal 3 , sehingga jika dipadukan akan menghasilkan suara sangat unik dan berirama . .
Ohya Patrol desa saya Di Jember itu sudah menelurkan grup patrol di daerah lain . . .di Jatim.
Pemanisnya adalah 'suling' dangdut . . dan yang paling saya suka ketika mereka menyanyikan lagu "duh Engkang " ( Oh Abang) dari Itje Trisnawati dulu . ., serasi sekali dan enak

Duh engkang naha teungteuingeun . . . ( oh abang kenapa keterlaluan)
Duh engkang sok kabina bina . . (Oh Abang kenapa suka sangat keterlaluan)
Engkang sudah lupa waktu kita di desa
Hidup di rumah tua . .
Tinggal sama mertua . . .

Selamat merayakan Kemenangan besar . . .
Semoga ini sebagai awal untuk kehidupan yang lebih sehat
lebih makmur ,sejahtera dan mulia . . .
aaamiin . . . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih