Jumat, 10 Oktober 2008

Lagu Keroncong dimata saya

Yaah, seperti kerinduan lah, kalangenan, klangenan, seperti suara burung berkicau, terkadang kalau burung itu berkicau terus kita juga bosen atau bising tapi kalau burung itu diam terus malah kita pancing agar dia berbunyi . .
Terkadang rindu serindu rindunya, terkadang juga benci dikiiit . . . ha ha ha ha ha. Begitu juga dengan lagu-lagu atau musik yang khas. Dengar lagu Bimbo terus kita jadi sendu . . .jauuhhhh menerawang dan menikmati kesakitan hati, kegagalan dan penolakan dalam hujan gerimis . . ., dengar lagu Ebiet terus juga jadi merasakan kekecewaan nggak jadi sama Camelia . . . .( Oh Camelia datanglah kau di satu mimpiku) . Jadi ? ya kita dengar dan nyanyikan macam macam lah berganti ganti antara cepat dan lambat, riang dan mellow, suka dan nestapa . .

Jika kita sering mendengar lagu keroncong (yang berbasis Jawa) dari Orkes Keroncong Radio Surakarta, Lagu lagu yang dinyanyikan oleh Ismanto , M Rivani, atau Toto Salmon , itu enak enak dan beragam meskipun chordnya diantara itu dan itu ( umum lah).
Lagu lagu keroncong yang diciptakan oleh Gesang, Samsidi,Pantosa, Marjo Kahar, Piet Munandar, Keli Puspito, Sapari, Toto Salmon dan lainnya enak enak, meskipun bagi yang tidak biasa rasanya terlalu lambat dan semua sama.
Teman saya orang Palembang, seneng musik bisa main musik juga, usia 40 lah, dia kaget saya memutar lagu lagu keroncong, dia baru pertama kali mendengar dalam hidupnya ( oo o o o . .). Saya bilang coba terus dengarkan dan coba berikan appresiasi, dia bilang sama semua he he he he he . . .

Itu dia . . . agak beda memang lagu keroncong ini, mungkin bagi sebagian kalangan harus sesuai mood masing masing, karena lagu lagu keroncong ini saya perhatikan jika mengungkapkan diri seperti sangat bersahaja, Jika menyatakan cinta adalah cinta yang menghargai, Jika memuja negeri itu sangat patriotik dan dewasa, jika mengungkapkan kegembiraan adalah kegembiraan bersama, kalau mengungkapkan tempat selalu memuji keindahan dan keramaiannya., itu pendapat saya . .

Ini adalah Reff dari lagu Segenggam Harapan Cipt, Budiman RJ dinyanyikan
Toto salmon , syairnya khas keroncong, wuuiiih uenak tenan . . .

Tiba datang sepercik sinar pelita
Kau Remaja . . .
Pembawa Cahya nan terang - Sampai kah di hari esok

Pancarkan sinar budaya
Budaya cipta praseni
yang kan abadi . . .

saya nilai lagu ini adalah ungkapan hiburan bagi si pencipta ketika Musik Keroncong itu semakin jarang diminati, tetapi kemudian ada orang2 muda yang mulai menekuni keroncong ( seperti saya . . he he he) ungkapan yang sangat mengena.
Atau yang ini , petikan lagu Pesanku cipt. Ismanto

Selamat ringgal juwita
Sampai berjumpa kembali
Aku merantau mencari nafkah
Doakan cepat kembali . .

Hanya pesanku padamu juwita
Didiklah putra dan putrimu
Dengan tulus iklas hati juwita
Hanyalah itu pesanku

Jadi lagu-lagu itu jelas situasinya, seperti lagu ini adalah lagu suami kepada istrinya. Dalam lagu Pop jarang sekali lagu yang menceritakan hubungan dalam keluarga, ada sih lagu lagu Ebiet.(Istriku marilah kita tidur hari telah larut malam . .lagi sehari kita lewati . .meskipun nasib semakin tak pasti . .lihat anak kita tertidur menahanklan lapar . . )

Menikmati lagu keroncong sepertinya akan mendudukkan kita dalam keadaan yang establish (mapan) dan dewasa, maksudnya menurut saya bukan kemapanan materi tetapi perlu 'dirasa' dengan lebih kalem dan tertib (senyum dan tenang dalam batin).
Saya sendiri dalam orkes keroncong yang saya ikuti adalah paling muda, sehingga kalau kumpul -kumpul ya harus 'adaptasi' dengan para bapak yang sudah lebih mumpuni (capable). Tapi itulah sebuah 'kerinduan" sebuah 'kalangenan' sebentuk ' klangenan' pada sebuah ketenangan, kesabaran dan kepasrahan dalam bermusik.

sungguh nyaman indah nian
membimbing daku ke pantai asmara
terlena lah oh daku . .
dari . . . derita dunia . .
( kr. Malam - cipt. Ismanto)

Sementara itu dulu
ASG

1 komentar:

  1. aduh..... saya mau download lagu "Pesanku" dari Ismanto di atas, tapi nggak ada...... ah, liriknya sungguh mengena bagi siapa saja, bagi yang berjauhan karena nafkah yang harus dikayuh. Tolong lengkapi liriknya dan kemana saya bisa download ?

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih