Selasa, 16 Desember 2008

Volume style kok beda ?

Hallo. . . ketemu lagi bapak ibu . . .apa kabar . . ? ni saya mau cerita lagi, biasa, kita belajar orgen kecil-kecilan lah, ini saya pakai Roland E50 ya . .
Begini,
Mungkin bapa dan ibu pernah mengalami, memainkan style, misal dari beli atau dari teman dsb tapi kok suaranya ada yang besar sekali ada yang kecil. Memang bisa begitu, mungkin style yang anda dapat adalah ex-setelan orang, atau style itu ex-convert-an (konversi dari style merek satu ke merek lain), atau style ex- orgen yang mereknya sama tapi type berbeda dan mungkin ada latar belakang lain.

Kejadiannya mungkin saja begini, setelah anda memainkan style atau lagu tertentu, lalu pindah style atau pindah lagu, tiba tiba kaget karena style yang ini besar sekali suaranya !, jika di panggung, si sound man yang kaget dan menurunkan volume, atau jika di rumah dengan memakai 'cube' atau ampli keyboard kita yang kaget dan buru buru menurunkan volume sound kita.
Atau yang sama parahnya adalah, ketika kita mainkan style dimaksud di pentas, ternyata volumenya kecil sekali, lalu dengan reflex kita naikkan volume orgen kita, tapi hasilnya tetap tak sesuai masih terlalu kecil. hal ini bisa membuat kita kehilangan mood saat mengiringi seseorang, apalagi dia yang nyanyi mrengut " kok kecil ? naikkin volume nya !" wah . . . ini dia . .
Nah, untuk menyiasati hal seperti ini memang kita harus rajin, rajin test style yang baru kita dapat, kira kira volume suaranya standar atau tidak, kalau saya melakukan begini gampangnya
1 - Pilih dan Setel style bawaan orgen, langsung di orgen saja, pake built in speakernya, misal pasang di colume jam 12, atau setengah volume. sudah ? ok, kita sdh tahu volume style tsb.
2 - Pilih style yang mau di test, setel dan coba bandingkan? sama ? kalau sama atau kira-kira sama ya sudah berarti.
3 - Kalau terlalu kecil?, ya kita besarkan dengan Style make up volumenya, kira2 saja . . .
4 - Kalau terlalu besar ? , ya kecilkan, sebagai kebalikannya.

ya begitu saja terus, test style yang baru dapet atau style ex- dikasih teman kita kira-kira lagi out put volumenya. Sambil kita" ngelancarin kuping" biar terbiasa ngebanding banding, lama lama akan meningkat bukan hanya mengatur volume tapi sampai ke mengedit style, maksudnya kita bisa menyisipkan permainan kita atau membuat komponen suara penyusun style . . atau membuat style secara keseluruhan . . .waaaaw . . ini memang tantangannya, saya juga lagi belajar ini ..
ayo sama sama belajar, bareng yu . .

OK, Selamat belajar . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih