Sabtu, 14 Februari 2009

Mengiringi lagu lama pop Indonesia 70 an (lagi) bukan hal yang terlalu mudah . . .

Apa kabar . . .masih suka nyanyi ? karaoke lagu nostalgia ?, main orgen ? atau me-request lagu di panggung hajatan ? . . sikat aja teruss . . . saya temenin . . tuh saya pasang lagi lagu lagu itu di sebelah kanan.

Tetap, menurut saya memang tak terlalu mudah, kenapa ? begini

Tidak ada style yang mirip, di semua orgen
Silakan cari di semua merek.
Style yang ada seperti di Roland E50 hanya 1, namanya oldies , yaitu style universal lah. Style ini pun sudah terlalu enak, terlalu empuk, sedangkan yang asli adalah sangat sederhana, keras, dan tanpa efek ! misal efek gitar dsb.
Klik coba lagu Lilis Suryani, Airmata, pasti style nya tidak ada dalam style bawaan orgen, karena ini pop melayu. Cari di pasaran coba, juga tidak ada . . . kenapa?, mungkin karena tidak ada yang tukang bikin style yang sering dengar lagu ini . . ., mungkin dia suka lagunya kalau mendengar, tapi tidak membuat, jadi di panggung tak pernah lagu ini keluar atau di request, kalau kepaksa ada yang minta lagu ini paling pake style pop biasa atau pake style melayu ( banyak beredar, cuma memang nonjol rebana nya)




Susah mencari suara atau sound yang mirip
Coba klik lagu di sebelah kanan, yang Teringat slalu, ya lagunya Teti kadi, sejak awal sudah dibuka dengan petikan gitar yang sederhana tapi . . melodius . . . maniisss sekali . . . ngangenin . .nostaljik . . .cepet nempel di memory kita . .
Sekarang cari di orgen kita . . ada nggak ?, ya ada yang agak mirip, di Roland adalah CleanElec , Clean mute dan JC Clean Git tapi rasanya kurang besar reverb nya, kurang echo . . .
kurang nglitik , saya sering pake yang ini untuk melody lagu lagu lama, kata orang sih mirip pak . . mirip . . ( karena dia jarang mendengar lagu aslinya . .).

Klik coba lagu Lilis Suryani, Air mata, lagu yang agak melayu, dibuka dengan intro paduan accordion dan Biola . . . dan suara seperti ini juga klasik dan hampir tidak ada di orgen, jadi saya sering menggunakan accordion saja.




Bass yang khas, langkah yang tak tersedia juga, bukan invers biasa. . .Bass Inversion banyak sekali dipakai sebagai penghalus saatperpindahan chord, dari yang biasanya dari C ke G jadi dari C ke C/B ( C tapi basnya B), tapi di oldies song agak lain silakan, Coba dengar lagu lilis suryani, Teringat slalu, klik di kanan, perhatikan chordnya . . .

C . . . . . . . G .. . . . . . . . . . . . . .C . . . . . . . . . ( lazim nya)
C . . . . . .Em7/D . . . .. . . . . . .C . . . . . . . . .( enak nya . .)
C . . . . . .G7/D . . . . . . . . . . . . C . . . . . . . . ( sedapnya . .)
Teringat pa . . . . . .da suatu wa . . . . ktu . .
( pas di kata "pa" chord berubah dengan bass yang khas oldies)

C . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . G . . . . . ( lazim nya)
C . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . .Em7/D . .( enak nya)
C . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . G7/D . . .( mantepnya)
kuberjalan jalan di muka rumah . .mu . . .
( di sini juga pas kata "mu"dengerin . . . bas nya, unik)

ada lagu jaman sekarang yang memakau gaya bass seperti ini yaitu lagu NAIF album pertama yang berjudul Piknik ( tau kan . . .?), kalo gak salah saya baca di sampul kasetnya ( th. 200an) samapai naif ini mencantumkan 'nama konsultan bass nya" mungkin orang yang meyarankan "bumbu" bass, biar kedengaran tua. seperti ini

C . . .. . . .Em7/D . . . . . . . . . .C
C . . . . . . .G7/D . . . . . . . . . . . .C
Pergi di ha . . . . . .ri mingguC . . . . . F. . . . . . . . . . .G7
Bersama pa . . car ba . .ru
Ini yang berlu kita siasati, kalo kita ingin nyanyi lagu ini dengan yaaah . . akan miring ke oldies maka setel:

Di Yamaha
1. tekan Utility
2. Cari Fingering, pilih Fingered on Bass

Di Roland
1. Tekan Bass Invers ( he he langsung ada di pannel board !)

3. lalu mainkan lagu yang dimaksud, misalnya lagu Teti kadi, Teringat Slalu
4. Pas biasanya , atau umumnya dari C pindah ke G, nah kita tepap saja Chord C
tapi . . .di chord C itu . . ( kelingking di C . . Telunjuk di E . . dan Jempol di G).

KELINGKING yang di C lepas . . ganti dengan JARI TENGAH yang menekan tuts D . . .naah jadilah itu chord keramat Em7/D terbilang E minor tujuh bas De . . . . . . . ..atau yang lebih sakti lagi G7/D terbilang Ge tujuh bas De

G7/ D adalah . . JARI MANIS di D, TELUNJUK di F dan JEMPOL di G . . set orgen tepap di Bass Invers atau di Yamaha Fingered on Bass





he he he he . . . itu kata saya . . . yang lagi nyoba nyoba dan belajar . . . kalo kata para pakar mungkin lain . . .ya paak . . maklum lah saya cuma hobby doang, cuma suka doang . . . ya? coba deh . .

Wassalam.

1 komentar:

  1. Posting yang bagus...! salam kenal pak sesama musisi pemula..

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih