Kamis, 30 Juli 2009

Yamaha s910 atau Roland E50? . . . . . . . . .lagi . . .

Kenali dulu . . . jangan tergoda body nya saja, kecantikan wajah sekilas . . .teliti iner beautynya . .mana yang paling mantep buat pasangan kita.
Lho? , iyya.
Yamaha dan Roland dua duanya adalah asli jepang, bukan yang satu Italy yang satu Jepang, ini mah bukan cuma satu negara asal tapi satu etnik. Jadi pertimbangannya adalah kebutuhan kita lagi. Butuh apa ?, ada USB? ambil Yamaha, Color layarnya? Ambil Yamaha, Touch screen? ambil roland, Flat bodinya dan silver rata? ambil Yamaha, stylish nggak bosenin bodinya ? ambil Roland . . . lhooo iya.
Tapi bukan itu sih maksud dan tujuannya, bukan, lebih dalam lagi, karakternya, bisikan suaranya, desahan lembutnya, lenguhan erangannya, jeritannya, kesetiaannya . . nggak he he he.

Sudah sangat jelas bapak ibu. Fasilitas kemudahan untuk USB baik untuk rekam suara dan ambil data, pasti yamaha, fasulitas rubah suara kita dengan perubah ada di yamaha, teman yang berbagi style banyak ya Yamaha . .Naah, jika hanya itu yang bapa ibu inginkan ya Ambil Yamaha. Bisa putar Midi, style, bikin style . . .

Naah, apabila bapa ibu terbiasa lihat live . . . acara musik yang hidup . ., ini adanya di Roalnd . . .kalau bapak ibu ingin mudah mengotak atik style (musik pengiring) . . ini adanya di Roland jauh menurut saya jika membandingkan fasilitas ini dengan Yamaha, si Roland lebih mudah dan memfasilitasi. Jadi dengan setelan yang sama, anda masukkan Roland ke cube anda, suaranya akan sangat beda jika si Yamaha yang dicolokkan, si Roland sekilas lebih kasar dan real, justru inilah keunikannya, si Yamaha cenderung lembut halus tersaring . . jadi untuk yg biasa pake roland kayak saya, Yamaha jadi terlalu halus . . .

Kenapa ke otak - atik style ?
Lama kelamaan kita akan bosan dengan koleksi style kita, lama kelamaan mungkin akan timbul keinginan kita untuk bisa bikin style sendiri, minimal mengedit style orang atau mengedit style bawaan si orgen, dan memang sekarang sudah umum tentang style converter software, alat perubah style dari merek satu ke mereka orgen lainnya, yang hasilnya jelas tidak selalu bagus, bahkan banyak jeleknya, jadi kalau kita mengkonvert style merek A ke merek B, hasil convertan itu harus di otak atik lagi . . . . harus di poles lagi .. biar sesuai dengan kemauan kita , kalau nggak kita otak-atik, kita poles maka hasilnya, waduuh payah.. naaaah . . . si Roland inilah yang memberikan kemudahan itu . . .begitu bapak ibu ( sory lagi ya, sy belum banyak tahu tentang Korg/ Pa50-sekelas yg sy bicarakab ini).

Jadi ? ya kalau cuma mau main gampang, bisa rekam, layar warna, ambil Yamaha . . .
kalau mau nerusin kesononya . . . layar sentuh ,suara nendang natural. .otak atik style . . ambil Roland.

he he he (tendensius banget ya . . he he he)



10 komentar:

  1. Trims reviewnya ...sangat membantu ..

    BalasHapus
  2. Pak, saya denger cerita katanya psr s910 itu cepat panas ya..oleh karena itu untuk perbaikan maka dibuatlah psr s910.
    dan penambahan dari 910 adalah MP3, colour LCD.

    BalasHapus
  3. Anonim @ Sama sama . .

    Anonim @
    PANAS ??? -Setahu saya tidak begitu, tidak cepat panas, sys kalau manteng orgen kadang dari jam 5 paghi samapai jam 5 sore (tdk di off).

    S910??? - Itu hanya Gimmick/Trick dagang saja sih, kalau di mobil disebut 'Facelift'modify dikit di wajah, misal
    kijang kapsul ganti lampu belakang, atau
    Suzuki APV keluartkan Arena . .dll.

    Mp3 dari dulu(S900) sudah bisa MP3 namun tidak di 'declare' secra explisit,nah di s900 di umumkan, begitu.
    COLOR? dari dulu sudah color(S900) , S700 yang tidak color.
    Ini trick lainnya dari yamaha S710 hanya bisa memutar WAV (format CD) tapi tidak MP3, S910 bisa WAV bisa MP3, tau sendiri kan, 1 lagu di WAV bisa 25 MB, sedang lagu yg sama di MP3 hanya 5 MB.

    semntara itu dulu terima kasih.

    BalasHapus
  4. Pak, saya mau nanya nih,,,

    kalo cara memilih orgen yang baik dan harga pas2 san itu dilihat dari apanya nih??

    saya bingung mau beli yang seri baru dan kwalitas bagus malah mahal banget sperti yamaha psr-s910, kalo yang yamaha psr 3000 ato psr 1500 itu sudah bagus apa belum untuk yang masih pemula??, soalnya saya masih kelas smp, masih belum tahu cara memilihnya, orgen saya belum ada fasilitas usb, dan disk.

    Trimakasih,,,

    BalasHapus
  5. Yusril,
    PSZR 3000 lbh bagus dari PSR 1500 meskipun 22 nya cukup jadul juga tapi . . ia masih sangat relevan dipake belajar sebab intinya sudah sama dengan PSR S910 (layar color, ada USB)

    Dan .. . untuk PSR3000 masih banyak style yg
    neredar gratis.

    Jadi . .beli PSR 3000 seken sudah ok untuk belajar ..
    selamat belajar deh, sukses

    terimakasih sdh mampir

    ASG

    BalasHapus
  6. Pak Assagiri, mau tanya nich...apakah psr 3000 bisa mutar wav suara2 lucu misal ayam berkoko dsb seperti s 710 kalau bisa memakai format apa?kalau style s710 dan 910 saya dah convert dan bisa di pakai d psr 3000 walaupun harus ada penyesuaian user DK nya

    BalasHapus
  7. Pak Assagiri, mau tanya nich...apakah psr 3000 bisa mutar wav suara2 lucu misal ayam berkokok, dsb seperti s 710 tidak?kalau bisa memakai format apa?dan cara memainkan wav di s710 lewat song/voice/multi pad?kalau style s710 dan 910 saya dah convert dan bisa di pakai d psr 3000 walaupun harus ada penyesuaian user DK nya

    BalasHapus
  8. Seingat saya, suara2 itu ada bawaan dari pabrik, meskipun terbatas ( sy lupa),Suara accesories Roland E50 malah lebih beragam , misal suara orang 'du bi du, dam du dam , juga anglkung. Juga seingat saya psr3000 tak bisa memutar wav.

    Hasil conversi style juga sering tidak sempurna seperti aslinya shg banyak yg kecewa dan harus ngedit lagi agar pas.

    thank you

    BalasHapus
  9. klo input /aux in psrs 710 bs dicolkin mp3 player nggak ..apa sj fungsi colokan tadi pak..maaf sy main nyelonong aja he he he..thanks

    BalasHapus
  10. sy sih belum pernah nyolokin Mp3 player ke situ ya.
    Kalo Gitar semi electrick bisa masuk tuhm numpang speaker doang ke orgen.
    kayaknya cuma gitu deh.

    cobain aja deh.
    thans juga

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih