Senin, 31 Agustus 2009

Belajar Orgen ; Fungsi Fadeout (ngilang) sepenting apa ?



Waduh, sory nih bagi pemilik orgen non Yamaha dan Roland . . . soalnya sy belum pernah punya yang lain, jadi saya bandingkan dua merek ini saja.

Masalah 'Fade' Beda beda sih, si Yamaha, saking menganggap penting samapai ia pasang satu tombol khusus yaitu Fade In/Out di sebelah kiri, si Roland sepertinya sama sekali menganggap kurang perlu, kata si Roland mendingan pasang tombol otak atik suara . .

Sepenting apa sih tombol fungsi Fade (out)

Kalau kita dengar musik Indonesia jaman dulu jarang sekali yang menggunakan fadeout ini di akhir lagu lagunya, silakan lihat, jadi di akhir lagu hampir bisa dipastikan diakhiri dengan "jreng!". sudah.
Tapi di dalam buku manual Roland juga dinyatakan bahwa dalam musik pop sekarang ini fungsi ini sering dipakai (tapi kok nggak dipasang ya?), jadi penting dong.
Fading out atau menghilang ini menurut saya sih biar 'sudahan' nya halus, nggak terlalu kelihatan 'kaku' nya, jadi di akhir lagu kita tinggal tekan tombol itu ( di Yamaha) dan volume suara musik mengecil . .mengecil . . dan hilang. Cuma karena saya kebanyakan nyanyi jadul jadi kalau di akhir lagi saya sudahi saja dengan , "tak tak jreng !" jadi jelas berhentinya, seketika, remnya pakem he he he . .

Di Roland dimana tombol fadeout nya ?
Nah, di Roland ternyata dia hanya disimpan sebagai tautan atau link saja, jadi kita harus ' ngeset dulu jika orgen kita akan dipasang fungsi fade ini. Caranya ?

1. Tekan tombol V-link ( pojok ujung kanan) selama 3 - 4 detik
2. Layar akan berubah dimana ada field di tengah tentang fungsi apa yang akan kita pilih.
3. Gunakan tombol putar itu (jog), putar saja selangkah demi selangkah dan pilih deh Fade out.
4, Penggunaanya adalah, ketika di akhir lagu, dan kita ingin fungsi ini jalan, tekan saja tombol v- link ini , jadi deh.

Oh ya, salah satu kelebihan jenis fungsi di V-link E50 ini adanya pilihan untuk memfungsikan 'Ritardando' yaitu fungsi untuk " memelankan atau melambatkan" seperti di akhir lagu Indonesia raya . . . hi . .duplah . . indonesia raya . . . itu kan semakin pelan dan berhenti , nah itu pake fungsi Ritard itu. Meskipun di kelas Roland yang lebih tinggi cuma tinggal pakai D Beam saja.

Jadi perlu fadeout ?, kadang kadang sih . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih