Minggu, 23 Agustus 2009

Belajar Orgen : Music Assistant ?, paling nggak pernah di tengok, di setiap orgen


nyanyi jadul?, belajar dasar orgen bareng?, liat di asayagiri.blogspot.com

Ini fungsi yang pualing juarang di liat menurut saya, jarang di tengok bahkan. Kenapa??? buat apa si pabrik masang ginian di sini ? mungkin gitu kesan kita.

Ini ada di setiap orgen saya kira , yang pasti di Yamaha dan Roland ada ( kelas tertentu). Ini cocok bagi yang tidak ada waktu untuk otak atik, untuk yang mau cepat milih tanpa merasa dipaksa oleh pabrik untuk mengikuti pilihan dia atau si programmer dari pabriknya.

Apa sih music assistant dalam orgen ?
Ia adalah list atau deretan judul lagu yang agak ' diplesetin' (mungkin hak cipta juga alasannya), misal lagu "Another day in Paradise" nya PhilCollins disana ditulis "Another Paradise" jadi ini perlu pengetahuan lagu juga terutama . . . ini ni yang membuat list ini jarang ditengok, ia berisi hanya lagu barat saja atau lagu berbahasa eropa. Lis ini bisa kita sort (ayak) berdasarkan genre music misal pop, traditional atau lainnya, kita juga bisa sort per tempo lagu atau per artis, kalau kita buat. jadi list ini bisa kita isi yaa mirip dengan user program cuma lebih simpel.

Semua lagu barat dan mungkin karena agak di 'plesetin' judulnya, kita jadi semakin sulit mengenalnya, ini lagu apa?. cuma ada juga lagu yang justru sampai disiapkan 4 variasi ! lagu itu adalah lagu nyaFrank Sinatra (?) New York - New York yang dalam music asistan Roland E 50 ditulis judulnya New York X2, jadi lagu ini ada 4 macam variasi , kita tinggal pilih, kalau tidak salah di Yamaha juga sama, cuma di Yamaha disiapkan 2 Variasi saja, kalau tidak salah.

Lha kenapa fungsi semudah ini tidak jadi favorit para player ( kita maksudnya, bukan di sono) ?
1. Karena daftar lagunya lagu barat yang kebanyakan jadul (jaman dulu) dan diplesetih pula
2. Kita sebagai pemain pembelajar punya semangat untuk 'nyari sendiri' style yang menurut kita
cocok.

Cuma, saking pentingnya di Roland tombol assitant ini sampai dipasang 'di depan, di pojok kiri atas layar sentuh itu' ini saya artikan Roland menganggap ini sangat penting untuk ditonjolkan, sangat penting untuk diadakan. Bener juga sih, kalau kita pakai di acara yang pop dan audiens nya semi lansia (lanjut usia) penting juga, lagian sudah diperuntukkan untuk tangan kiri, wong tempatnya ada di kiri layar . . .
Ayo yang punya Roland E50- 60 yang sedang belajar coba deh . .
yang sudah handal permainanya . . silakan tutup mata . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih