Minggu, 13 September 2009

Menggaruk Orgen seperti gitar why not ?, cobain trik saya . .


asayagiri.blogspot.com

Ini khusus di Roland E 50 ke atas ya.
Anda bosen main orgen? coba ini trik dari saya ( he he he) main gitar segitar gitarnya tapi di orgen !, yes sungguh di orgen. Bukan hanya karena memang di sediakan, tetapi ini juga menggunakan "kesalahan" cara pakai orgen . . . tapi mengasyikan, bagaimana tidak, orgen kita "garuk" (strum) seperti gitar bukan di pencet dengan jari seperti biasa, tapi orgen kita jadikan benar benar gitar !.

Lihat foto yang dibawah, saya peragakan jari kanan saya 'menguncup" seperti memegang 'guitar picker' (plastik pemetik gitar), seperti main gitar saja lalu kita gerakkan seperti menggaruk gitar atau memetik satu satu senar gitar , seperti posisi itu, hasilnya . . .???? bagi anda yang tidak biasa mendengar suara ini pasti, ini pasti akan menganggap si pemain memainkan gitar, realy !

Suara gitar di Roland ini ada dua, yaitu acoustik dan electrik, dua duanya paten, bisa menipu telinga yang tak familiar dengan orgen Roland, cuma . . . . .ini cuma . . kalau fungsi ini kita mainkan seperti kita main orgen, dimana jari mengembang seperti main piano gitu, tuts nya kita tekan satu satu . . maka akan kelihatan rada aneh memang bagi yang belum biasa kenapa?, karena tidak kelihatan real gitarnya . . kalau di garuk macam saya itu waaaw . . . cobain deh . .

Pernah - ada rasa cinta . . . .
antara kita - kini tinggal kenangan . .

cobain itu lagu Geby (mpek mpek kali . . .gaby?) atau Caramel yang sempat rame . . .pakai fungsi garuk ini . .

Memang ini adalah cara memakai atau cara "memainkan orgen yang salah" . .lho kok salah?, iya ini adalah cara yang salah yang "tak lazim" karena saya "menggaruk" tuts . .apa ya namanya " scrathing" kali he he he he . . jadi benar benar kita anggap si orgen itu gitar dengan posisi seperti dalam foto, kita anggap tuts itu senar dari mulai senar gitar no.6 (paling besar) hingga senar nomer 1 (senar gitar paling kecil), coba bebas saja kita mainkan lagu lagu santai yang cocok dengan genjrengan (struming) gitar . .

Tapi meskipun salah . . enak, mungkin ini sangat tidak recomended , tidak disarankan oleh para guru orgen, karena menyalahi kaidah , cuma ya . . ini bisa kita buat demo kalau kita sedang di panggung . . .

Caranya ? Guampang . . .
Tekan fungsi gitar ( lihat gambar) maka screen akan berubah seperti gambar diatas, kemudian pilih jenis gitar , electric atau akustik, nah disana sudah dipisahkan seperti pada gambar, ada bagian yang berbunyi seperti senar gitar satu satu, ada yang berbunyi , jika ditekan satu tuts bunyinya seperti kita 'menggenjreng 6 senar gitar dengan chord yang sudah benar" dan sudah disediakan beberapa variasi struming ( menggenjreng) . .

pokokmya cobain . . garuk itu orgen . . .

pernah kucoba mencari pengantimu . . . .
namun tak lagi kau seperti dirimu oh kasihku . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih