Sabtu, 23 Januari 2010

Sejarah merek alat musik dunia, Yamaha, Korg, Roland, all Japan musical heroes ( Repost.- Revised)

 originated from MY BLOG


Coba kira kira di Indonesia, Oktober 1897 sedang musim apa ?, he he he, sudah berapa tukang orgen yang manggung di daerah anda saat itu . . .


Yamaha
(ヤマハ株式会社, Yamaha Kabushiki Gaisha) saat ini salah satu Konglomerat Jepang.
Nah, pada 12 Oktober 1897 itu pabrik piano Yamaha yang mengambil lambang 'Tiga Garpu tala" didirikan di Hamamatsu, Shizuoka, dimana pada awalnya Torakusu Yamaha mendirikan Nippon Gakki company pada tahun 1887, gila juga ! pantes sekarang jadi yang terbesar . . . udah sangat lama.
Setelah perang dunia ke 2, President Yamaha, Genichi Kawakamisaki mengusulkan potensi keahlian perusahaan di bidang Metalurgy yang seterusnya menghasilkan motor Yamaha Pertama YA-1 'Aka Akatombo' ( Capung merah).
Pada ulang tahunnya ke 100 , tahun 1987 namanya resmi menjadi Yamaha Corporation. Hingga sekaranghampir semua lat musik dibuat oleh Yamaha, silakan lihat video nya di Youtube.
Yang tak kalah pentingnya , pada tahun 1988 Yamaha memebeli 51 % saham pesaingnya Korg, sekipun padata tahun 1993 pemilik Korg mengambilnya kembali dari Yamaha. Salah satu industri musik yang di akuisisi Yamaha adalah perusahaan Jerman ' Steinberg' pada tahun 2004.
tahun depan perusahaan manalagi yang akan di akuisisi nih ?

sumber :Wikipedia

 Roland
Jika hanya melihat mereknya , kiranya kita tak akan pernah menyangka bahwa Roland atau Rorando kata lidah Jepang, adalah lahir dari Jepang juga !
(ローランド株式会社,) Rorando Kabushiki Kaisha didirikan oleh Ikutaro Kakehashi pada 18 April 1972 ( dekat ultah nya siapa ya ?) di Osaka - Jepang, dengan modal 33 Juta Yen.
Tahun 2005 kantor pusatnya pindah ke Hamamatsu di Shizuoka prefecture, dan hingga kini Roland mempunyai pabrik di Italy, USA, Taiwan dan pasti di Jepang sendiri.
Karyawannya pada tahun 2003 hanya 729 orang kemudian di tahun 2005 menjadi 2233 orang. Roalnd juga membawahi Brand Boss dan Edirol.
Rodgers
,pabrik orgen yang didirikan 1958 juga adalah subsidiary dari Roland dan masih memproduksi electric dan electronic orgen dan pipe organs. Rhodes nama sebelumnya di nonfungsikan oleh Roland setelah akuisisi itu.
slogan -slogan Roland adalah Inspire the enjoyment of creativity, Be the best rather than the biggest, dan We design the future.

Darimana nama Roland yang brilian itu ?
Memang Roland didirikan dengan fikiran yang sudah export minded sepertinya.
Ikutaro Kakehashi pertama mendengar nama ini di tempat ia kerja sebelumnya yaitu di Ace Electric Industry Ikutaro mencari nama di buku telefon, untuk sebuah nama yang kedengarannya ke'Amerika" amerikaan, karena ia sudah berpikir bahwa ia akan mengexport produknya kelak. Dan memang akhirnya Ikutaro menemukan nama Roland itu di buku telefon diantara huruf Rs karena memAng tidak ada perusahaan electronik yang berinitial Rs itu
Ironisnya jadilah nama Roland itu yang pada kenyataannya sukar dilafalkan oleh Ikutaro sendiri karena lidah Jepang tidak bisa mengucap bunyi L.
Jadi Roland bukan seperti banyak di klaim diambil dari puisi epic Perancis ' la canson de Roland ( the song of Roland)  .Tahun 1973 diluncurkan Roland SH-1000 sebagai Sytesizer komersial pertama.sumber: Wikipedia 

KORG
Sekilas kita samar, kata Korg berkesan sangat Jerman menurut saya, banyak yang mungkin tidak menyangka bahwa ini juga lafal bahasa Jepang !.
(株式会社コルグ, Kabushiki-gaisha Korugu) kini adalah perusahaan multinasional Jepang.
Tahun 1962, berdirilah Keio Electronics Lab di dekat stasiun Keio dekat Tokyo di bidani oleh dan Tsutomu Kato dan Tadashi Osanai, bahkan banyak yang me-reka-reka bahwa kata KO pada Korg berasall dari kata Kato dan Osanai.
Kato ini mempunya cafe atau Nite Club dimana si Osanai adalah insiyur dari Tokyo University yang juga adalah pemain Accordion yang handal. Osanai main di kafenya Sato dengan 'Wurlitzer Sideman Rhytem machine' tetapi rupanya Osanai tidak puas dengan performan Wurlitzer sehingga dia meyakinkan Kato membiayaipembuatan alat yang lebih bagus.

Tahun 1963 produk pertama dihasilkan dari pembicaraan Kato dan Osana yaitu 'Electro Mechanic Rhytem device' dinamakan Disc Rotary Electronic Rhytem Machine Donca matic DA-10.
Tahun 1967 Kato didekati Fumio Meida , seorang insinyur yang tertarik untuk membuat Keyboard, Kato sangat tertarik dan meminta Meida untukmembuat prototypenya. 18 bulan kemudia Meida datang dengan Prototype Orgen/ keyboard dan kenjualnya dengan nama KORG atau Keio ORGan.
Tahun1988 saham 51 % sahamKAto di Korg dakuisisi Yamaha, tetapi di tahun 1993 dapat dibeli kembali oleh Kato.
Waw !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih