Rabu, 20 Februari 2008

Saya Mengiringi 'PATTY SISTERS' teungteuingeun


















Saya rasa hingga saat ini belum ada duet wanita di Indonesia yang mempunyai ke-khas-an seperti Patty Sisters ini, suara 1 dan 2 yang kebanyakan sepanjang lagu dinyanyikan dengan duet seperti itu,unik, beda.
Masih ingat lagu lagunya ?, atau masih suka nyetel ?, kalau saya sampai hari ini masih karena yang ada di hand phone saya 90% lagu lagu lama.
Saat ini duo patty hanya tinggal satu yaitu bu Selvy , karena yang satu ( Nina Patty) sudah meninggal,
Coba ingat lagu mereka " bulan indah berkilauan . . namun tak seindah wajahmu . .(Cinta Pertama) atau lagu ini " Paradiso . .taman hiburan . .di pantai laut biru . . .(Paradiso) atau ini " Dondong opo salak . .duku cilik-cilik . .(Cipt. Kris biantoro ??) atau yang ini " aku ndue pitik cilik bulune brintik . ." atau lagu ini ' Hari minggu yang lalu . .aku bertamasya . bersama ayah dan ibu . .(Puncak pas). wuh !
atau lagu " Kapungkur abdi teh resep keneh ucing ucingan . .sareng rerencangan resep keneh . .udag udagan . .ayeuna tos ageung . . (kapungkur cipt. Mus K Wirya).

Nyanyi bersama Patty Sisters
Sekitar pertengahan 2007, saat ulang tahun bunda mereka di kediaman bundanya di kawasan Tanjung lengkong, cawang , Jakarta Timur.
Setelah potong kue ultah, ketika mereka (keluarga patty) menanyakan 'lagu apa yang oma minta' tak disangka jawabannnya adalah " Teungteuingeun (keterlaluan-sunda)", semua nanya siapa yang hapal ?, akhirnya teman saya nunjuk saya, karena mereka tahu itu bahasa ibu saya, dan melantunlah lagu sunda cipt. Kosaman Jaya dan mereka turut juga bersama saya menyanyi. saya terjemahkan juga ya, karena bahasa sunda saya nilainya 95 !

:::patty bersaudara, diah iskandar dan Kosaman Jaya
Foto disunting dari situs pak Mazef.multiply.com, orang Holland, di Holland, tapi punya koleksi musik Indonesia Jadul yang sangat lengkap' (mungkin karena nyonya nya dari salemba-Jakarta) Trimaksih pa Mazef.
:::

Teungteuingeun
Diah Iskandar / Cipt. Kosaman Djaja

Teungteuingeun - kunaon ngantunkeun abdi (terlalu - mengapa kau tinggalkan daku)
Teungteuingeun - Naon kalepatan diri (terlalu - apakah salah ku)
Unggal dinten - henteu weleh nagantosan (Setiap hari - selalu menunggu)
Mugi sing enggal mulih deui (Semoga cepat kembali)

Siang wengi - hate abdi teh bingbang (Siang malam - hatiku bimbang)
Ngemutkeun ka - panutan anu hilang (Ingat akan kekasih yang hilang)
Abdi sono - tos lami teu patepang (aku rindu - Tlah lama tak bertemu)
Mugi sing enggal mulih deui (Semoga - cepat kembali)

reff:
Emut keur urang kapungkur ( Ingat waktu kita dahulu)
Keur sareng sahuap lingkung (Waktu kita "huap lingkung" *)
Sakitu gening layeutna (Begitu mesra dan akrabnya)
Nyaah teu aya papadana
(Sayang yang tiada bandingnya)

*) Huap lingkung (suap linkung), adalah salah satu prosesi adat pernikahan sunda, dimana kedua mempelai saling menggandeng (ke leher) dan masing- masing tagan yang menggandeng memegang ayam bakar (bakakak) lalu mereka tarik. Acara ini seru dan penuh tawa.

Setelah saya menyayikan lagu teungteuingeun si oma patty ini minta lagu lagi dan ternyata juga lagu sunda " Panon Hideung ( Si mata Hitam ) yaaa, saya lagi . . .' Panon hideung . .pipi koneng . .irung mancung . . .putri Bandung . . .Putri saha . .dimana bumina . .abdi resep kaanjeuna . . ..' woooow . . .

Mengiringi lagu lagu Patty sisters
Meskipun Patty Sisters ( Patty Bersaudara) hanya tinggal satu orang ( Bu Selvy), tapi ketika saya mengiringi dia dan keluarganya, saya merasa mengiringi duo hebat ini.
Pertama kali mereka menyangka saya tidak tahu lagu lagu jadul (jaman dulu) patty, tetapi setelah jalan , ya terus deh medley ' Toma e toma . . . . .' lalu ' Kuda ayahku putih bulunya gagah perkasa . . kuda jantan cepat larinya . .kesayanganku . . ..
Saat itu saya ingat masa kecil saya, beberapa radio swasta dan RRI Bandung sering memutar lagu lagu itu dari radio philips (Ralin) saya dan radio Telesonic mahasiswa yang kos di rumah nenek saya di Bandung.
Benar benar mereka (keluarga Patty) ini maniak nyanyi !, terus nyanyi . ..lagu Indonesia lagu Maluku, lagu Belanda dan ada juga yang maniak gitar "pa Franky Patty" wuih . .gitarnya plek ketiplek mirip Zainial Arifin ( Zainal Combo), saya paling suka ngorgen , nyanyi lagi Nostalgia dan Gitarnya adalah pa Franky ini! . . .ayo kapan lagi !

4 komentar:

  1. talak tilu,bajing luncat,bangbungrangaek,cikapundung,warung cikopi,kuda lumping,tumila diadu boksen,pagetreng dll ciptaan alm kosaman jaya saya anaknya[imam tunggal jaya] belum pernah menerima royalty mohon beribu-ribu mohon kepada seniman indonesia khususnya seniman bandung minta bantuannya [amin]hub.0229340700

    BalasHapus
  2. Adddu . . .maaf punten pak Imam TJ baru terbaca, turut sedih saya, ternyata sejak jaman pak Kosaman Jaya hingga sekarang terjadi hal seperti ini . . .saya termasuk yang berharap bahwa para seniman menerima apa yang menjadi haknya, meskipun sampai saat ini masih banyak yang bernasib sama, karyanya jual putus dan yang dapat keuntungan yg lebih besar adalah orang lain.Pencipta lagu lainnya mungkin sejaman dg ayahnya pak Imam juag ada yg terus mencari dan menanyakan dan dibantu wartawan musik, sy tdk tau hasilnya. Tulisan disini hanya sebagai curahan kesukaan dan kebanggaan saya paka para seniman senior sekelas pak Kosaman Jaya, pak Mus Karta dll.
    semoga secuil manfaat didapat, semoga Allah membantu juga Amiin.
    "senang bisa dibaca oleh anaknya pak Kosaman jaya' punten, nuhun pisan . . .

    BalasHapus
  3. atau bisa juga ke no hp 081802141297 saya bambang nurjaya kakaknya imam

    BalasHapus
  4. Saya penggemar Patty Sisters. Maaf mau tanya Ibu Nina Patty meninngalnya kapan? Dan bgmn kbrnya Bu Silvy Patty ?? Trm ksh.

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih