Kamis, 25 September 2008

Connect dengan Orgen,Connect dengan lagu, Connect dengan teman latihan, Connect dengan kenangan . . . betapa asyiknya . . .

Salah satu cara agar semangat dan cepat bisa ketika latihan orgen menurut saya adalah connect, nyambung, terhubung atau berhubungan.
Ya, sederhananya seperti ini, sambil melancarkan tangan kanan, menekan tuts,coba mulut kita ikut bersenandung atau lebih teoritis lagi,mulut kita menyebut not yang di tekan, ' satu- tiga-lima . . . ( aahh terlalu capek, nggak santai). Atau coba sambil bernyanyi, jangan cuma bersenandung bernyanyi sekalian, ini akan lebih kena apalagi lagunya 'cocok' terus . . . aja bahkan lebih dapet, lebih terasa.

Tidak mudah cari partner latihan
Jika latihan sambil ada yang kita iringi rasanya lebih semangat, apalagi orang nya tahu banyak lagu dan fleksibel.
Menurut saya tidak terlalu mudah mencari teman latihan, sebab ada beberapa karakter orang yang suka nyanyi.

Ada yang hanya ingin menyanyi lagu daerah melulu, jadi selalu saja campur sari, itupun harus lagu Sony Joss, waduu, jika kita ngiringi teman yang ini saja bisa-bisa kram ! ( he he . . .)
. . . aku iki mas anakke wong tani . . .bapakku macul si mbok buruh tandur . . .lagu Sony Jos ini enak banget menurut saya, cuma jika teman kita latihan cuma " mau " nyanyi lagu semacam ini saja , ya kurang variasi jadinya latihan kita.

Ada juga yang terlalu berpegang pada musik asli, semua lagu harus sama intro dan interlude nya, jadi dia selalu mengkoreksi pemain "bukan gitu intronya, gini lho ne . .ne . .la la la" adduuu.,.ini juga agak menghambat laju latihan. Jadi dia meminta terus ganti lagu yang kita bisa intronya, weuh . . .

Adalagi yang lagu nya itu itu melulu, jadi tidak mau ganti lagu, ini dia yang paling kaku, jika kita ingin melancarkan lagu lain ya jangan berharap dengan partner latihan seperti ini.

Ada yang mau menyanyi lagu apapun, nggak baik baik amat tapi kena, pas, apalagi suara diatas rata rata , naaaa . . . yang kayak gini yang kita cari jika latihan.
Orangnya santai easy going, pokoknya sikat truss !, lagunya bervariasi, bisa diajak diskusi bahkan berexperimen, atau dia sendiri mengusulkan experimen itu, contohnya melagukan Bengawan solo dengan irama Blueberry (Yamaha- Blue berry hill), dia semangat kita pemain juga semangat ini yang namanya connect juga . . .

Teman latihan yang connect sangat penting
Ada seorang teman saya, pak Prapto (alm-2008) dan Pak Haeruman (Dep HUB . .ada yang tau?) kalau main ke rumah saya untuk latihan nyanyi terkadang membawa serta putrinya, mahasiswi, untuk ikut latihan juga, nah dari putri beliau-beliau ini pula terkadang jadi tercetus lagu yang harus di'ulik', di otak atik. Bisa saja kita tak terfikir bahwa lagu enak itu terlewatkan, tapi dengan kehadian teman latihan dan dia meminta diiringi lagu tertentu malah membuat kita menjadi punya PR untuk digarap " oh iyya, lalgu ini, Ok pass dulu saja nanti saya ulik dulu" ok, kita catat laghunya dan kita cari tahu dimana enaknya. Misalnya lagu "surat Cinta - cipt.Odie Agam yang dinyanyikan Vina Panduwinata, lagu yang sangat riang dan enak.

Hari ini ku gembira . .

Melangkah diudara . .
pak pos pembawa berita
dari yang ku damba . . .

satu dua dan tiga, ku mulai membaca . .
surat cintaku yang pertama, membikin hatiku berlomba
seperti melody yang indah, kata kata cintanya . . . .

Ooooo iyya . . . enak juga lagu ini, addu kenangan banget . . . connect banget . . .tapi pake style apa ya ? Naaah . . ini dia pentingnya teman latihan, lagu yang dulunya lewat begitu saja kok jadi membikin penasaran . . mana style yang cocok ya . . coba . . .

atau dia (teman latihan) meminta kita mengiringi lagu ini


Lihat link mp3 nya di atas kanan blog ini
(lirik saya sengaja penggal, agar mudah nyanyi nya)


malam ini - kau pulang kantor
ku lihat ada gincu merah - di dasimu
bau par- fum beda -  yang sering kau pakai
cu - riga aku jadi curiga 

seringkali - kau buat alasan 
terlambat pulang  -  karna banyak pekerjaan
katanya kau rapat -  katanya kaulembur
mengapa aku slalu percaya


di dompetmu aku temukan - sepucuk surat cinta
di sakumu  - ada karcis binaria
di mobilmu  - aku temukan  - sapu tangan wanita
satu nama  - terukir disana

ka - takanlah se- jujurnya 
u- ntuk apa  - kau bersandiwara
se  - pandainya kau simpan dusta
a - khirnya tercium juga

 sayang  . . ku akui aku memang  sering terlambat pulang (narasi pria bicara)

adduuu, ini lagu jadul dari Lola Pitaloka yg judulnya Curiga( masih ingat penyanyi ini ?) ueenak banget . patut dijadikan lagu untuk mentas di depan bapak bapak ,apalagi yang nyanyi suaranya cocok dan . . .he he he . .cocok ( jangan ngeres . .)

Connect dengan hati dan Appresiasi sebenarya . . .
Iya, terkadang kita mungkin terpaksa mengiringi lagu yang sama sekali tak kita sukai, ini membuat tidak connect, kita bilang saja " jangan yang itu dong . .ganti aja . ." karena menurt saya connect dengan hati lah yang membuat kita bersemangat untuk terus meningkatkan kebisaan main keyboard atau orgen kita, terus menambah wawasan dan terus mengappresiasi (menghargai) karya orang lain atau jenis musik yang beragam, semakin terbuka hati kita, semakin cepat kita bisa meningkatkan wawasan ber-orgen kita . .

gimana . . . .?             kembali ke tulisan terbaru HOME

6 komentar:

  1. Salam kenal dulu sama kang Asep
    ntar kalo udah connect katanya
    baru kasih komen.

    terusterang jadi tambah pengetahuan saya soal musik k bot
    tks kang.

    BalasHapus
  2. ha ha ha bebas aja . . wong kita main orgen untuk hepi hepi . . menghibur diri . .syukur kalo keluarga ikut dapat manfaat dari itu . .atau bahkan orang lain dapat menikmatinya juga . . .

    BalasHapus
  3. mbak, itu lagu yang disakumu aku temukan.. judulnya apa ya mbak? tolong banget.. abis inget lagunya pas di bis Primajasa, mpe sekarang dicari di yutub dan google dak pernah ketemu judulnya.. haha.. 2.5 tahun lalu

    BalasHapus
  4. yaah.. nggak dijawab..malah diketawain
    hiks..
    :D salam kenal dari Wageningen

    BalasHapus
  5. J @ Kalo itu yg dimaksud, itu judulnya Curiga- dari Lola Pitaloka, tapi J ini tanya sama siapa? kok mbak sih?.
    Salam kenal juga
    Terimakasih ya

    BalasHapus

Silakan jika ingin comment,bebas aja, terimakasih